visitaaponce.com

Gempa Antarkan Erdogan di Bawah Tekanan dalam Pilpres Mendatang

Gempa Antarkan Erdogan di Bawah Tekanan dalam Pilpres Mendatang
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan(AFP )

Pertaruhannya hampir tidak mungkin lebih tinggi bagi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Hanya tiga bulan sebelum ujian terbesar dalam karier politiknya, gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang Turki dan Suriah dan menewaskan lebih dari 15.000 orang.

Pada tanggal 14 Mei, Turki akan memberikan suara dalam pemilihan presiden dan parlemen yang menurut jajak pendapat dilakukan sebelum bencana terjadi, akan menjadi persaingan ketat bagi Erdogan yang telah memimpin negara ini sejak tahun 2003.

Bahkan sebelum bencana melanda pada jam-jam sebelum fajar hari Senin, Erdogan telah mencoba untuk memadamkan serangkaian krisis pada saat yang bersamaan.

Pendekatannya yang tidak konvensional terhadap ekonomi telah memicu spiral inflasi hingga membuat harga-harga konsumen melonjak hingga 85 persen secara tahunan tahun lalu.

Pada saat yang sama, pemerintahannya telah menepis tuduhan kronisme, korupsi dan kecerobohan dalam menangani bencana lingkungan, termasuk kebakaran hutan pada tahun 2021.

Tampaknya dia memahami tantangan tersebut, Erdogan melawan balik. Beberapa jam setelah gempa bumi, ia menjadi pusat perhatian dalam sebuah konferensi pers di Ankara, salah satu dari sekian banyak konferensi pers yang diadakan dalam tiga hari berikutnya.

Pada hari Rabu, ia memeluk seorang wanita yang menangis yang terkena dampak gempa di dekat pusat gempa di provinsi Kahramanmaras sebelum melakukan kunjungan ke Hatay, di mana jumlah korban tewas bahkan lebih tinggi.

Dia bahkan mengakui kekurangan pemerintahnya selama kunjungan ke Hatay, tetapi menegaskan bahwa tidak mungkin untuk siap menghadapi bencana seperti ini.

Erdogan tentu ingat bahwa gempa bumi besar terakhir di Turki, pada tahun 1999 telah melambungkan partainya menuju kemenangan pada tahun 2002 setelah janji-janji pemerintahan yang lebih baik.

Perdana Menteri saat itu, Bulent Ecevit mendapat banyak kritikan karena kecerobohan dalam upaya bantuan pada tahun 1999.

Setelah gempa hari Senin, Turki dengan cepat mengumumkan keadaan darurat tingkat empat yang membutuhkan bantuan internasional. Dukungan dari puluhan negara dengan cepat mengalir.

Para ahli mengatakan bahwa Erdogan dapat memperkuat posisinya jika ia dapat mengelola krisis ini dengan baik. Namun, kegagalan dapat membuatnya bernasib seperti Ecevit.

"Tanggap darurat yang efektif bahkan dapat memperkuat pemimpin AKP dan partainya dengan memicu rasa solidaritas nasional di bawah kepemimpinan Erdogan," ujar Wolfango Piccoli dari konsultan risiko politik yang berbasis di London, Teneo.

"Bagaimanapun juga, skala gempa yang besar - sepuluh provinsi di bagian selatan dilanda gempa - akan menjadi tantangan yang signifikan bagi pemerintah," tambahnya dalam sebuah catatan.

"Jika respon pasca gempa tidak berhasil, Erdogan bisa kalah dalam pemilihan umum di bulan Mei," kata Emre Caliskan, seorang peneliti di Pusat Kebijakan Luar Negeri yang berbasis di Inggris. (AFP/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat