visitaaponce.com

Waduh Separuh Warga Lajang di Jepang Tak Ingin Punya Anak

Waduh Separuh Warga Lajang di Jepang Tak Ingin Punya Anak
Sebanyak 49,4% lajang usia 18-29 tahun di Jepang mengatakan tidak ingin memiliki anak(AFP)

HAMPIR separuh jumlah lajang di bawah 30 tahun di Jepang tidak ingin memiliki anak. Data yang mengejutkan itu berdasarkan survei perusahaan farmasi Rohto Pharmaceutical Co. Keenganan memiliki anak itu karena masalah ekonomi, beban melahirkan, dan tugas mengasuh anak.
  
Sebesar 49,4% dari 400 responden berusia 18-29 tahun mengatakan tidak ingin mempunyai anak. Persentase itu lebih tinggi dibandingkan tiga survei serupa. 

Bila dipecah berdasarkan jenis kelamin, 53% merupakan laki-laki dan 45,6% perempuan tidak tertarik untuk menjadi orangtua. Mereka beralasan alasan tingginya biaya dan khawatir dengan masa depan Jepang, kata perusahaan yang berbasis di Osaka itu pada akhir Maret.
  
Baca juga: Citra Saddam Hussein di Yordania tak Pernah Pudar

Hasil survei daring yang dilakukan pada Januari itu muncul setelah data pemerintah menunjukkan jumlah bayi yang lahir di Jepang tahun lalu turun menjadi di bawah 800 ribu. Angka terendah sejak pencatatan kelahiran bayi dimulai pada 1899. Untuk meningkatkan angka kelahiran, pemerintah pada April telah meluncurkan Badan Anak dan Keluarga untuk mengawasi kebijakan anak, termasuk pelecehan anak dan kemiskinan.
  
Jika dibandingkan survei serupa tahun 2022, menunjukan 48,1% pria dan perempuan menikah, yang ingin memiliki anak, bekerja sama untuk kesuburan pasangan mereka. Survei tersebut melibatkan 800 pasangan menikah yang berusia 25-44 tahun. Angka tersebut turun signifikan dari 60,3% dalam survei pada 2020.
  
Baca juga: Korut Kembali Uji Drone Nuklir Bawah Air

Seorang pejabat Rohto berspekulasi bahwa orang-orang menghabiskan lebih sedikit waktu dengan pasangan mereka, karena kehidupan berangsur normal setelah pandemi virus korona. (Ant/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat