visitaaponce.com

Korut Kembali Uji Drone Nuklir Bawah Air

Korut Kembali Uji Drone Nuklir Bawah Air
uji coba drone nuklir bawah air yang dilakukan Korea Utara(AFP)

KOREA Utara (Korut) kembali melakukan tes kemampuan drone serang bawah laut bersenjatakan nuklir pekan ini. Pyongyang meyakini uji kali ini akan membuktikan keandalan sistem senjata dan kemampuan serangannya.

Uji coba sistem senjata strategis bawah air bernama Haeil-2 ini dilakukan pada periode 4-7 April lalu. "Sistem ini akan berfungsi sebagai potensi kekuatan militer yang menguntungkan dan prospektif dari angkatan bersenjata DPRK. Sistem ini penting untuk menahan semua aksi militer musuh, menghilangkan ancaman dan membela negara," kata pernyataan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK).

Uji coba itu sebagai provokasi terbaru Korut terjadi ketika rezim Kim Jong-un berjanji mengambil tindakan luar biasa terhadap latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Baca juga: Lima Warga Israel Jadi Korban Tabrak Lari

Drone bawah air berkemampuan nuklir telah dikerahkan dari pelabuhan di Provinsi Hamgyong Selatan pada awal pekan ini, dan meluncurkan dengan membawa hulu ledak nuklir di jalur oval dan berbentuk delapan. Itu mensimulasikan jarak 1.000 kilometer selama 71 jam enam menit.

Uji coba drone nuklir bawah air ini terjadi sekitar dua pekan setelah Korut pertama kali mengumumkan tes Haeil pada 24 Maret. Pyongyang mengklaim senjata rahasia itu mampu menghasilkan tsunami radioaktif dan menyerang musuh secara diam-diam.

Baca juga: Ini Syarat Utama Rusia untuk Perdamaian di Ukraina

Baru-baru ini, Korut mengintensifkan tindakan provokatifnya, seperti mengumumkan kehadiran hulu ledak nuklir taktis Hwasan-31 dan peluncuran rudal jelajah dari kapal selam.

Pengamat mengatakan Korut kemungkinan akan meningkatkan uji senjatanya di peringatan penting bulan ini, yaitu ulang tahun ke-111 mendiang pendiri negara tersebut, Kim Il-sung, pada 15 April mendatang. (Yonhap/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat