visitaaponce.com

Grup MIND ID Tingkatkan Efisiensi Operasional Tambang Demi Keberlanjutan

Grup MIND ID Tingkatkan Efisiensi Operasional Tambang Demi Keberlanjutan
Kolaborasi PTBA dengan Terra Drone Indonesia.(Dok MIND ID)

MIND ID mengukuhkan langkah proaktifnya dalam meningkatkan efisiensi operasional demi mewujudkan keberlanjutan industri pertambangan.

Untuk mencapai tujuan ini, Perseroan memusatkan perhatiannya pada peningkatan efisiensi operasional.

“MIND ID berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan eksplorasi, pengolahan, dan pemasaran produk sumber daya alam mineral secara efisien, inovatif, dan berkelanjutan,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Baca juga : BUMN Tambang Bangkitkan Kinerja dengan Nilai Tambah

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah pengoperasian kereta listrik di tambang bawah tanah yang dilakukan Anggota Grup MIND ID, PT Freeport Indonesia (PTFI).

Kereta listrik ini, yang secara khusus dirancang untuk mengangkut bijih batuan, menjadi salah satu inovasi penting yang diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pertambangan berkelanjutan.

Selain PTFI, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) juga terus meningkatkan efisiensi operasionalnya. Salah satu contohnya, PTBA berkolaborasi dengan Terra Drone Indonesia, perusahaan yang spesialis dalam pemanfaatan teknologi drone, untuk meningkatkan efisiensi operasional tambang.

Baca juga : Albert Hama Sebut Tambang di Maluku Utara Bom Waktu Bencana Kemanusiaan

Terra Drone Indonesia memberikan pelatihan kepada PT Bukit Asam Tbk tentang penggunaan DJI Mavic 3 Enterprise dan pengolahan data. Pelatihan ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi pemantauan tambang.

Heri Yusuf berharap, kolaborasi antara Anggota Grup MIND ID dengan penyedia teknologi seperti yang dilakukan PTBA dengan Terra Drone Indonesia dapat semakin memajukan industri pertambangan Indonesia.

“Sehingga MIND ID bersama anggota grup dapat terus maju menuju efisiensi yang lebih baik, menjaga keberlanjutan lingkungan, dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa,” ujarnya.(H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat