visitaaponce.com

Alasan Joe Biden Tampil Buruk Saat Debat Jet Lag Setelah Kunker

Alasan Joe Biden Tampil Buruk Saat Debat: Jet Lag Setelah Kunker
Presiden AS Joe Biden saat debat capres.(ABC)

PRESIDEN Joe Biden mengungkapkan alasan penampilannya dalam debat calon presiden Amerika Serikat (AS) pekan lalu yang dinilai buruk. Biden mengaku jet lag setelah melakukan kunjungan kenegaraan sebelum pelaksanaan debat. 

"Saya tidak mendengarkan staf saya., dan kemudian saya hampir tertidur di panggung,” kata Biden dikutip BBC.

Presiden berusia 81 tahun itu terakhir kali kembali dari perjalanan kenegaraan pada 15 Juni, hampir dua minggu sebelum debat pada 27 Juni.

Baca juga : Survei Terbaru Khawatir Kelayakan Mental Joe Biden untuk Menjabat sebagai Presiden

Pernyataan Biden muncul di tengah kepanikan internal partai Demokrat menjelang pemilu AS pada November. Seorang anggota kongres dari Texas yang juga anggota parlemen Demokrat, Rep Lloyd Doggett, meminta Biden untuk mundur dari pencalonan setelah penampilan debatnya yang buruk melawan sang rival Donald Trump.

"Saya berharap dia akan membuat keputusan yang sulit dan menyakitkan untuk mengundurkan diri," kata Rep Lloyd Doggett dalam sebuah pernyataan pada Selasa (2/7). 

Presiden Biden tampak kesulitan memberikan sejumlah tanggapan selama debat dengan mantan Presiden Donald Trump. 

Baca juga : New York Times Sebut Joe Biden Perlu Mundur dari Pemilu AS 2024

Biden meminta maaf atas penampilannya dan mengatakan bahwa sangat penting baginya untuk memenangkan kembali pemilu AS. 

Biden melakukan dua perjalanan terpisah ke Eropa dalam kurun waktu dua minggu bulan lalu.

Pada 15 Juni, ia muncul di sebuah acara penggalangan dana bersama mantan Presiden Barack Obama setelah perjalanan dari Italia. Ia kembali ke Washington DC keesokan harinya.

Baca juga : Tim Trump Klaim Kemenangan dalam Debat Pertama Lawan Biden

Pejabat Gedung Putih sebelumnya mengatakan bahwa Biden sedang berjuang melawan flu pada hari pelaksanaan debat.

Sementara itu, sebuah survei terbaru menunjukkan beberapa pemilih Demokrat semakin khawatir apakah Biden secara mental layak untuk menjabat sebagai presiden setelah penampilan debatnya. 

Sebuah survei CBS News/YouGov yang dirilis Minggu, mengindikasikan 72% pemilih terdaftar percaya presiden tidak memiliki kesehatan mental dan kognitif yang cukup untuk menjabat sebagai presiden - peningkatan tajam dari 65% yang mengatakan hal yang sama dalam survei sebelumnya. Sebanyak 49% pemilih mengatakan hal yang sama tentang mantan Presiden Donald Trump.

Yang sangat mengkhawatirkan bagi Biden adalah 45% dari pemilih Demokrat yang terdaftar percaya presiden Biden harus memberi jalan untuk kandidat lain. Kekhawatiran tentang usia kandidat - Biden 81 tahun dan Trump 78 tahun - sudah muncul dan jadi pembahasan sebelum debat. (BBC/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat