visitaaponce.com

Ukraina Sita Aset Miliarder Pro-Rusia

Ukraina Sita Aset Miliarder Pro-Rusia
Ilustrasi(AFP/Luis Acosta)

Badan keamanan Ukraina menyita aset senilai lebih dari 3,5 miliar hryvnia atau setara Rp1,39 triliun dari seorang miliarder bernama Vadym Novynskyi. Tidak hanya dalam bentuk uang dan properti, aset  yang disita juga termasuk akta kepemilikan 40 perusahaan dan 30 sumur gas alam di Ukraina.

Penyitaan tersebut dilakukan karena sang pemilik yang merupakan warga negara Ukraina diduga membantu Rusia.

"Properti oligarki pro-Rusia Vadym Novynskyi, yang terlibat dalam membantu negara agresor, telah disita," kata SBU, Kamis (13/4).

Detail tuduhan terhadap Novynskyi, yang diduga membantu Rusia, belum diungkap kepada publik.
Kasus itu muncul di tengah memanasnya perselisihan antara pemerintah Ukraina dan Ukrainian Orthodox Church (UOC).

Kiev menuduh UOC mempertahankan hubungan keagamaan jangka panjang dengan Moskow meski secara resmi telah memutuskan hubungan pada Februari 2022.

Novynski merupakan sosok yang memiliki hubungan erat dengan UOC. Dia memegang gelar kehormatan diakon dan kerap kali vokal menyuarakan dukungan terhadap gereja.

Sementara, salah satu perusahaan Novynskyi, Smart Holding, menyatakan penggeledahan yang dilakukan SBU tidak berdasar. Informasi yang mereka terima hanya mengacu pada sumber yang merupakan lawan bisnis Novynskyi.

Menurut majalah Forbes, Novynskyi memiliki harta kekayaan hingga US$1,4 miliar atau sekitar Rp20,57 triliun. Saat ini, ia tidak tinggal di Ukraina dan keberadaannya pun tidak diketahui. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat