visitaaponce.com

Selain PM Jepang, Ini Pemimpin Negara Lain yang Mengalami Serangan Mematikan di Depan Publik

Selain PM Jepang, Ini Pemimpin Negara Lain yang Mengalami Serangan Mematikan di Depan Publik
Pemakaman Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe yang tewas ditembak, 2022.(AFP/Fong)

Jepang baru saja dihebohkan dengan serangan bom asap pada Perdana Menterinya, Fumio Kishida ketika akan berpidato di kawasan Wakayama, Jepang Barat. Hal itu terjadi tak sampai setahun setelah tewasnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akibat ditembak di depan publik.

Untungnya nasib Fumio Kishida tak setragis Shinzo Abe yang tewas seketika setelah tertembak. Fumio tak mengalami cedera berat akibat serangan bom asap itu. Ia bahkan langsung melanjutkan kegiatan kampanye begitu suasana sudah kembali kondusif.

Meski jarang terjadi, serangan pada pemimpin negara di depan publik hingga menyebabkan kematian sebenarnya sudah sering terjadi. Tak jarang serangannya sangat fatal dan menyebabkan kematian mengenaskan. Kisah serangan pada mereka kemudian juga menjadi berita yang menghebohkan publik dunia pada masanya.

Selain Shinzo Abe yang tewas ditembak pada tahun 2022, berikut ini tokoh-tokoh pemimpin negara yang mengalami serangan hingga tewas di area publik.

1. John F Kennedy (Amerika Serikat)

Peristiwa penembakan Kennedy bisa dikatakan sebagai kejadian penyerangan pada pemimpin negara yang paling terkenal dan menghebohkan dunia hingga saat ini. Presiden AS tersebut tewas ditembak pada 22 November 1963 di jalanan Dallas, Texas.

Saat itu Kennedy tengah berada di tengah parade yang dihadiri ribuan warga Dallas dan sekitarnya. Ia berdiri melambai pada warganya saat berkendara dengan limusin yang terbuka atapnya. Saat sedang asik melambaikan tangan, tiba-tiba sebuah tembakan terkena tepat di dadanya. Akibatnya ia lumpuh seketika. Hal itu sontak membuat suasana parade jadi kacau.

Ia sempat dibawa ke rumah sakit tetapi nyawanya tidak tertolong. Ribuan orang di Dallas dan jutaan orang di dunia saat itu menjadi saksi kematian Kennedy di depan publik. Seorang Veteran Korps Marinir AS yang membelot, Lee Harvey Oswald diketahui sebagai pelaku penembakan Kennedy.

2. Indira Gandhi (India)

Indira merupakan Perdana Menteri India yang ditembak hingga tewas di New Delhi pada 31 Oktober 1984. Pelakunya ialah dua pengawalnya sendiri, Satwant Singh dan Kehar Singh. Motif penembakan ialah untuk membalas dendam atas serangan tentara brutal di Kuil Emas Amritsar dalam mengusir separatis.

Pascakematian Indira, putranya Rajiv Gandhi kemudian megambil alih pimpinan dan menjabat hingga tahun 1989. Nahas, nasib Rajiv juga tak berbeda jauh dengan sang ibu, ia tewas dalam sebuah serangan bom bunuh diri di Tamil tahun 1991.

3. Anwar El Sadat (Mesir)

Anwar El Sadat merupakan lelaki yang tewas saat menjabat sebagai Presiden Mesir di tahun 1981. ia tewas ditembak seorang milisi di Kairo. Anwar memang disebut telah lama diincar untuk dibunuh oleh milisi. Khususnya setelah ia menandatangani Kesepakatan Camp David 1978 yang menghasilkan perjanjian damai 1979 dengan Israel.

4. Mohamad Boudiaf (Aljazair)

Mohamad Boudiaf dibunuh dengan cara ditembak pada Juni tahun 1992. Ia ditembak mati di depan umum saat tengah melakukan pidato di daerah bernama Annaba, Aljazair. Ia tewas hanya berselang enam bulan setalah terpilih sebagai presiden. Pelaku penambakan Boudiaf adalah salah satu pengawalnya bernama Lembarek. Tak hanya menembak, ia juga melemparkan granat ke arah Boudiaf.

5.Yitzhak Rabin (Israel)

Yitzhak adalah Perdana Menteri Israel yang tewas pada 4 November 1995. Ia ditembak oleh seorang ekstremis Yahudi bernama Yigal Amir saat akan selesai berkampanye perdamaian di Tel Aviv. Kematiannya sangat tragis dan mengerikan karena pelaku menembak Yitzhak sebanyak tiga kali dari jarak sangat dekat. Akibatnya, Yitzhak langsung tewas ditempat tanpa sempat mendapatkan upaya pertolongan.

6. Jovenel Moise (Haiti)

Peristiwa penembakan Moise mungkin masih terdengar familiar di masyarakat dunia saat ini. Itu karena kejadiannya baru terjadi di Juli 2021. Ini menjadi kasus pembunuhan pemimpin negara yang paling anyar sebelum kasus tewasnya mantan PM Jepang, Shinzo Abe.

Namun, Moise tewas tidak dihadapan publik dan warganya. Ia tewas di kediaman pribadinya di daerah Port-au-Prince, Haiti saat sedang beristirahat di tengah malam. Bukan oleh pelaku perseorangan, Moise didatangi langusng oleh sebanyak 28 orang pasukan komando bersenjaa saat akan dibunuh. Kebanyakan dari mereka diketahui sebagai mantan tentara Kolombia. Namun, hingga saat ini dalang pembunuhan Moise masih belum diketahui.

Itulah enam pemimpin dunia yang tewas mengenaskan akibat dibunuh oleh para lawan politik dan pembencinya.

(Z-9)

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat