visitaaponce.com

Menlu Retno Jabarkan Sederet Kesepakatan RI di KTT ASEAN

Menlu Retno Jabarkan Sederet Kesepakatan RI di KTT ASEAN
Menlu Retno Marsudi(Antara)

PERHELATAN TT ASEAN 2023 Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, telah membawa segudang komitmen bersama antarnegara yang digadang-gadang akan memberikan efek domino positif bagi kawasan

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, di Labuan Bajo, Selasa (9/5) membeberkan sejumlah kesepakatan. Antara lain kesepakatan investasi hingga kesepakatan ekonomi dan alih energi ramah lingkungan yang berkelanjutan. 

“Kesepakatan dengan Vietnam, mengupayakan memenuhi target perdagangan sebesar USD 15 miliar untuk 2028. Kita optimis target tersebut dapat dipenuhi dengan syarat bahwa semua restriksi perdagangan atau hambatan perdagangan dapat dikurangi kalua tidak bisa dihilangkan sepenuhnya,” jelas Retno lewat keterangan yang diterima.

Kemudian, negosiasi bilateral investment treaty segera dilakukan karena kini investasi kedua belah pihak telah makin meningkat. Tak lupa, kerja sama di bidang energi baru dan terbarukan, serta menyelesaikan pengaturan pelaksanaan dan proses ratifikasi atas selesainya perundingan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) kedua negara.

Presiden Joko Widodo menurut Menlu Retno sangat mengapresiasi kehadiran Timor Leste yang merupakan pertama kalinya berpartisipasi dalam KTT ASEAN. Ia optimistis kerja sama ekonomi khususnya di wilayah perbatasan kedua negara. Timor Leste pun turut mengapresiasi kembali dukungan Indonesia. 

“Akan dibentuk jont working group guna mempersiapkan pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara. Presiden juga mengingatkan pentingnya upaya menyelesaikan perundingan batas darat, dan Timor Leste mengucapkan terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap keanggotaan Timor Leste,” jelaa Retno.

Menlu Retno juga mengungkapkan selama keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN ini, roadmap untuk Timor Leste menjadi anggota penuh disepakati. Diharapkan agar Timor Leste dapat memenuhi kriteria resmi yang ada. 

Sedangkan dengan Malaysia, Menlu Retno menyampaiakn penyelesaian beberapa bidang untuk perbatasan laut dan perbatasan darat, penegasan one channel system serta perlindungan para pekerja migran Indonesia.  

“Dengan Laos, kerja sama ekonomi, kerja sama BUMN Indonesia dengan Laos, antara lain kerja sama PLN dengan Électricité du Laos, kemudian pengadaan pesawat dari PT. DI untuk angkatan udara Laos, dan juga pengadaan kereta api dari PT. INKA untuk Petrotrade Laos Public Company,” ungkapnya.


KTT ASEAN dimulai dengan lima pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Kelimanya terdiri dari pertemuan KTT dalam format pleno, dan empat pertemuan interface, masing-masing dengan parlemen, dengan youth, dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC) yaitu dengan bisnis, dan juga dengan _high-level task force._

Lalu tiga pertemuan, terdiri dari pertemuan KTT berbentuk _retreat_ dan dua pertemuan sub-regional, yaitu Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA). Dua pertemuan di antaranya juga dipimpin oleh Presiden Jokowi. (Ant/H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat