visitaaponce.com

Panglima TNI KTT ASEAN 2023 Berjalan Aman dan Lancar

Panglima TNI: KTT ASEAN 2023 Berjalan Aman dan Lancar
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono(MI/Palce Amalo)

PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono menyebutkan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), berjalan aman dan lancar. Bahkan selama acara tidak  ada serangan siber.

Suksesi konferensi itu tidak terlepas dari partisipasi masyarakat Labuan Bajo bersama seluruh jajaran yang bertugas di lapangan, mulai dari TNI Polri yang berjumlah 12.000 personel, dan pemangku kepentingan lainnya.

Panglima TNI menyampaikan terima kasih kepada  masyarakat, pemuda, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat Labuan Bajo. Tidak lupa kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Badan Intelijen Nasional (BIN), Basarnas, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), BMKG, serta pemerintah Manggarai Barat, dan Pemprov NTT.

Baca juga: Relawan KTT ASEAN Siapkan Ribuan Nasi Bungkus Tiap Hari

"Tidak ada ancaman baik dari luar maupun dari dalam, tidak ada hambatan dan tidak ada rintangan. Sejak kedatangan para kepala negara dan delegasi, dan pelaksanaan KTT ASEAN, pertemuan bilateral, sampai kepulangan para kepala negara dan delegasi, semuanya terlaksana sesuai rencana," katanya kepada wartawan di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Jumat (12/5).

Meski begitu, Panglima mengaku sempat khawatir 10-11 Mei turun hujan. Pasalnya sejumlah rangkaian KTT ASEAN berada di luar ruangan, seperti joy sailing para kepala negara dan makan malam.

Baca juga:UMKM Binaan BNI Ikut Ambil Bagian di KTT ASEAN 2023

Untuk itu, TNI melakukan modifikasi cuaca dengan menebarkan 20 ton gram pada 10 dan 11 Mei dengan Tekologi Modifikasi Cuaca (TMC). "Alhamdulillah cuacanya sempat hujan, namun bisa terang dan kegiatan dapat terlaksana sesuai rencana," ujarnya.

Dia juga mengapresiasi para wartawan yang berjumlah 400an orang dari berbagai media dengan sabar mengabarkan seluruh rangkaian pertemuan KTT ke-42 ASEAN ke masyarakat.

Sementara itu, mulai Jumat, prajurut yang bertugas mengawal jalannya KTT ASEAN secara bertahap mulai kembali ke kesatuannya masing-masing. Di antaranya ke Kupang, Makassar, Surabaya, dan Jakarta. "Tentunya secara bertahap. prajurit yang berada di sini tetap membantu pergeseran pasukan maupun material ke daerahnya masing-masing," katanya. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat