visitaaponce.com

Kilicdaroglu Tuding Erdogan Halangi Kehendak Rakyat Turki

Kilicdaroglu Tuding Erdogan Halangi Kehendak Rakyat Turki
Kandidat Presiden Turki Kemal Kilicdaroglu diajak berswafoto oleh pendukungnya usai memberikan suara di Pemilu Turki.(AFP/Adem ALTAN)

KANDIDAT Presiden Turki Kemal Kilicdaroglu menuding kubu petahana Recep Tayyip Erdogan terus mengajukan keberatan atas hasil dari kotak suara tertentu untuk memblokir sistem.

"Ada kotak suara yang telah ditolak sebanyak enam kali, 11 kali," kata Kilicdaroglu. "Anda menghalangi kehendak Turki!”

"Anda tidak dapat mencegah apa yang akan terjadi melalui keberatan. Kami tidak akan membiarkan fait accompli,” tegasnya.

Baca juga: Pemilihan Turki, Semua Pihak Saling Klaim Unggul dalam Penghitungan Suara Sementara

Ia mendesak Erdogan untuk menghentikan manajemen persepsi dan meminta dewan pemilihan nasional untuk bertindak secara bertanggung jawab.

Sementara itu, kandidat Presiden Sinan Ogan mengatakan penghitungan suara tidak dilakukan di lingkungan yang sehat terhadap surat suara yang diberikan di luar negeri.

"Kami telah mendengar bahwa beberapa manipulasi dilakukan dalam proses penghitungan suara di luar negeri," cicit Ogan di Twitter.

Baca juga: Presiden Turki Apresiasi Pemilu Berjalan Damai dan Tenang

Dia memperingatkan dewan pemilihan negara untuk segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan memastikan proses penghitungan suara dilakukan dengan cepat.

"Selain itu, kami tidak akan membiarkan adanya manipulasi suara asing. Jangan membuat stres lingkungan. Ini sampai putaran kedua,” pungkasnya. (aljazeera/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat