visitaaponce.com

Usai Bertemu Pemimpin Hamas, Erdogan Minta Rakyat Palestina Bersatu

Usai Bertemu Pemimpin Hamas, Erdogan Minta Rakyat Palestina Bersatu
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan(Adem ALTAN / AFP))

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak masyarakat Palestina untuk bersatu di tengah invasi Israel di Gaza. Hal itu ia sampaikan usai bertemu ketua Hamas Ismail Haniyeh di Istanbul, Sabtu (20/4).

Erdogan telah berupaya, namun gagal, untuk menjadi mediator dalam konflik Gaza yang telah mengguncang Timur Tengah sejak 7 Oktober.

Ketegangan di wilayah tersebut meningkat ketika wilayah Palestina yang dikuasai Hamas bersiap menghadapi serangan baru Israel dan laporan serangan Israel terhadap Iran.

Baca juga : Presiden Iran Ebrahim Raisi Kunjungi Turki Besok Bahas Israel-Hamas

“Sangat penting bagi Palestina untuk bertindak dengan kesatuan dalam proses ini. Respons terkuat terhadap Israel dan jalan menuju kemenangan terletak pada persatuan dan integritas,” kata Erdogan menurut pernyataan kepresidenan Turki.

Hamas, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Israel, adalah saingan faksi Fatah yang memerintah Otoritas semi-otonom Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Ketika ketegangan yang meningkat antara Iran dan Israel memicu ketakutan akan perang regional yang lebih luas, Erdogan mengatakan kejadian ini tidak boleh membiarkan Israel mendapatkan kekuatan dan penting untuk bertindak dengan cara yang tetap memperhatikan Gaza.(AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat