visitaaponce.com

Presiden Iran Ebrahim Raisi Kunjungi Turki Besok Bahas Israel-Hamas

Presiden Iran Ebrahim Raisi Kunjungi Turki Besok Bahas Israel-Hamas
5 Januari 2024, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyapa para pelayat pada pemakaman para korban yang tewas dalam ledakan kembar pada 3 Januari.(AFP/Kepresidenan Iran.)

PRESIDEN Iran Ebrahim Raisi akan melakukan kunjungan resmi satu hari ke Turki pada Rabu (23/1) untuk melakukan pembicaraan yang berfokus pada dampak regional dari perang Israel-Hamas. Ini dikatakan seorang sumber diplomatik kepada AFP.

Raisi akan bertemu dengan timpalannya dari Turki Recep Tayyip Erdogan di ibu kota Ankara. Ia melakukan kunjungan yang ditunda dua kali--sekali pada bulan November dan sekali pada awal bulan ini--karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, mengatakan Raisi akan memimpin delegasi politik dan ekonomi tingkat tinggi. Kunjungan tersebut terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai dampak regional dari perang di Gaza yang dilancarkan Israel.

Baca juga: Militan Dukungan Iran Serang Pangkalan Koalisi AS di Irak

Raisi bersumpah pada Senin (22/1) bahwa Israel pasti akan membayar atas pembunuhan seorang jenderal senior Korps Garda Revolusi (IRGC) di Suriah.

Amerika Serikat dan Inggris melancarkan serangan militer gabungan putaran kedua terhadap pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman pada Selasa sebagai pembalasan atas serangan berulang mereka terhadap kapal-kapal yang melintasi Laut Merah.

Baca juga: Ketegangan Timur Tengah, Jumlah Korban Serangan Pakistan ke Iran Terus Bertambah

Erdogan mengutuk serangan putaran pertama awal bulan ini sebagai tindakan yang tidak proporsional. Ia menuduh Washington dan London berusaha mengubah Laut Merah menjadi ajang pertumpahan darah. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat