visitaaponce.com

Militan Dukungan Iran Serang Pangkalan Koalisi AS di Irak

Militan Dukungan Iran Serang Pangkalan Koalisi AS di Irak
Unggahan akun Centcom AS, menginfokan serangan militan dukungan Iran ke pangkalan AS di Irak(Dok. X Centcom.)

KELOMPOK militan yang didukung Iran meluncurkan rudal balistik ke pangkalan yang menampung pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Irak barat. Itu menyebabkan satu orang Irak dan kemungkinan korban dari pihak Amerika.

"Beberapa rudal balistik dan roket diluncurkan oleh militan yang didukung Iran di Irak barat yang menargetkan Pangkalan Udara al-Assad," kata Pusat Komando AS (Centcom) dalam postingan di media sosial, yang menempatkan waktu serangan pada pukul 18:30 waktu setempat, Sabtu (20/1) malam.

Sebagian besar proyektil dicegat oleh sistem pertahanan udara pangkalan, tetapi sebagian lainnya berdampak pada pangkalan.

Baca juga : AS Akui Tidak Beri Tahu Serangan Udara ke Wilayah Irak

"Sejumlah personel AS sedang menjalani evaluasi untuk cedera otak traumatis. Setidaknya satu anggota pasukan Irak terluka,” kata pernyataan itu.

Sejak pertengahan Oktober, telah terjadi puluhan serangan terhadap pasukan AS dan koalisi di Irak dan Suriah, karena penempatan mereka untuk memerangi para jihadis kelompok Negara Islam.

Sebagian besar telah diklaim oleh perlawanan Islam di Irak, sebuah aliansi longgar dari kelompok-kelompok bersenjata yang terkait dengan Iran yang menentang dukungan AS untuk Israel dalam konflik Gaza. Kelompok tersebut mengatakan bahwa mereka telah melakukan serangan terbaru.

Baca juga : AS Serang Balik Fasilitas Kelompok Iran di Suriah

Penggunaan rudal balistik ini menandai eskalasi serangan terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah, yang sebelumnya ditargetkan dengan roket berteknologi lebih rendah dan pesawat nirawak.

Sementara itu, serangan pangkalan udara pada hari Sabtu tersebut terjadi di tengah-tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah pecahnya perang Israel-Hamas pada tanggal 7 Oktober.

Lima anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran juga tewas dalam serangan hari Sabtu di Damaskus yang disalahkan oleh Teheran kepada Israel dan mengancam akan melakukan pembalasan.

Baca juga : Serangan Dua Roket Menghantam Zona Hijau di Baghdad, Irak

Senin malam pekan lalu, Iran sendiri melancarkan serangan mematikan di wilayah otonom Kurdistan di Irak utara, dengan mengatakan bahwa mereka menargetkan sebuah situs yang digunakan oleh mata-mata rezim Zionis (Mossad).

Washington dalam beberapa kesempatan telah melancarkan serangannya sendiri, yang dikatakannya untuk menghalangi serangan lebih lanjut atau untuk mencegah serangan yang akan datang.

Menurut Pentagon, puluhan personel AS telah terluka ringan dalam serangan-serangan sebelumnya sejak akhir Oktober. Ada sekitar 2.500 tentara Amerika di Irak dan sekitar 900 di Suriah.

(AFP/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat