visitaaponce.com

PM Australia Kecam Hong Kong atas Surat Perintah Penangkapan Aktivis

PM Australia Kecam Hong Kong atas Surat Perintah Penangkapan Aktivis
PM Australia Anthony Albanese(Reuters)

PERDANA Menteri Australia Anthony Albanese mengkritik pihak berwenang Hong Kong atas pengejaran terhadap dua aktivis pro-demokrasi yang tinggal di negaranya.

Kepala Eksekutif Hong Kong John Lee mengatakan bahwa delapan aktivis pro-demokrasi yang sekarang tinggal di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia akan dikejar seumur hidup atas dugaan pelanggaran keamanan nasional, dan menepis kritik bahwa langkah untuk menangkap mereka adalah preseden yang berbahaya.

Albanese menegaskan pemerintahnya prihatin dan kecewa dengan pihak berwenang Hong Kong yang mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk warga negara Australia, Kevin Yam, dan penduduk tetap Australia, Ted Hui.

Baca juga: Kesepahaman Bisnis 3,6 Juta Dolar AS Perkuat Hubungan Indonesia-Australia

"Saya tentu saja kecewa. Saya telah mengatakan bahwa kami akan bekerja sama dengan Tiongkok di mana kami bisa. Tapi kami akan berbeda pendapat jika memang harus. Dan kami memang tidak setuju dengan Tiongkok dengan tindakan ini," kata Albanese kepada Australian Broadcasting Corp.

Albanese juga mengatakan bahwa dia tidak setuju dengan Tiongkok atas penahanan jurnalis Australia Cheng Lei, dan belum mengetahui vonisnya setelah diadili pada bulan Maret tahun lalu atas tuduhan keamanan nasional.

Baca juga PM Albanese Sebut Perdagangan Barang dan Jasa Indonesia-Australia Capai 23,3 Miliar Dolar AS

"Cheng ditahan tanpa proses yang benar," katanya.

"Kami terus mengadvokasi kepentingan Australia. Kami akan terus melakukannya. Kami akan berbeda pendapat di mana kami harus berbeda pendapat. Kami akan terlibat dalam kepentingan nasional kami. Dan keputusan semalam ini adalah contoh di mana Australia dan Tiongkok memiliki pendekatan yang berbeda terhadap masalah ini. Dan kami akan membela nilai-nilai kami," pungkas Albanese. (AP/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat