visitaaponce.com

Perdana Menteri Australia akan Berkunjung Ke Tiongkok

Perdana Menteri Australia akan Berkunjung Ke Tiongkok
PM Australia  Anthony Albanese akan melakukan kunjungan ke Tiongkok 4-7 November.(AFP)

PERDANA Menteri Australia Anthony Albanese akan melakukan kunjungan ke Tiongkok 4-7 November untuk bertemu dengan Presiden Xi Jinping. Kunjungan itu dalam rangka memperbaiki hubungan antara kedua mitra perdagangan yang sebelumnya tidak begitu harmonis.

Dijadwalkan pertemuan itu membahas sengketa yang berlarut-larut di Organisasi Perdagangan Dunia yang berawal dari penerapan tarif besar pada anggur Australia. Kunjungan ini juga menyusul pembebasan jurnalis Australia, Cheng Lei, yang dideportasi dari Tiongkok awal bulan ini setelah ditahan selama tiga tahun atas tuduhan spionase yang dianggap oleh banyak pihak sebagai tindakan yang bermotif politik.

"Saya sangat menantikan kunjungan ke Tiongkok, ini adalah langkah penting dalam menjaga hubungan yang stabil dan produktif," ujar Albanese dalam pernyataannya.

Baca juga : Albanese akan Bahas Perdagangan Tiongkok-Australia dengan Xi di Bali

"Saya mengapresiasi kemajuan yang telah kita capai dalam mengembalikan produk-produk Australia, termasuk anggur Australia, ke pasar Tiongkok."

Kunjungan ini sangat diantisipasi dan akan menjadi kunjungan perdana menteri Australia pertama ke Tiongkok sejak tahun 2016.

Sengketa Tarif

Pada 2020, Tiongkok memberlakukan tarif pada ekspor penting Australia seperti barley, daging, dan anggur, yang menunjukkan kekuatan ekonominya saat terjadi sengketa berat dengan pemerintah konservatif Australia yang sebelumnya. Selain itu, Tiongkok juga menghentikan impor beberapa komoditas penting Australia, termasuk batu bara, sehingga membatasi perdagangan senilai miliaran dolar.

Baca juga : Jelang Bertemu Xi Jinping, PM Australia Berharap Dapat Hal Positif

Ketegangan tersebut dimulai karena Australia melarang perusahaan Huawei berpartisipasi dalam kontrak 5G dan juga karena mendesak untuk adanya penyelidikan independen terkait asal-usul pandemi Covid-19. Sebagian besar hambatan perdagangan tersebut telah perlahan-lahan dikurangi setelah pemerintahan pusat-kiri Australia yang terpilih pada Mei tahun lalu mengadopsi pendekatan yang kurang konfrontatif.

Tahun ini, Tiongkok telah mencabut tarif pada barley Australia, mengakhiri larangan impor kayu Australia, dan setuju untuk melanjutkan impor batu bara Australia. Selama lima bulan mendatang, Tiongkok akan melakukan "tinjauan yang dipercepat" terhadap tarif anggur Australia, demikian diungkapkan oleh Albanese.

Australia telah mengancam akan melanjutkan keluhannya ke Organisasi Perdagangan Dunia jika "tarif tersebut tidak dihapuskan pada akhir tinjauan," tambahnya.

Baca juga : PM Australia Umumkan Pertunangan

Meredakan Ketegangan

Pada front diplomasi, ada kemajuan ketika Tiongkok setuju untuk membebaskan jurnalis Australia, Cheng, yang juga merupakan mantan penyiar untuk penyiar negara Tiongkok, CGTN. Pemerintah Australia telah lama meminta pembebasannya, dengan menyerukan agar Tiongkok mengikuti "standar dasar keadilan, prosedur yang adil, dan perlakuan manusiawi."

Data ekonomi terbaru yang dirilis oleh Beijing menunjukkan bahwa pemulihan pasca-Covid di negara tersebut mulai mengendur dan pertumbuhan melambat, menimbulkan tekanan pada syarat hubungan perdagangan eksternal Tiongkok.

Pemerintah Australia telah mengambil pendekatan yang kurang konfrontatif dalam hubungan dengan Tiongkok, yang diwarnai dengan beberapa tindakan menguntungkan.

Langkah-langkah tersebut mencakup penghapusan tarif Tiongkok pada barley Australia, penghentian larangan impor kayu, dan kesepakatan untuk melanjutkan impor batu bara Australia. Seiring waktu, Tiongkok juga akan melakukan "tinjauan yang dipercepat" terhadap tarif anggur Australia, yang merupakan langkah penting dalam memperbaiki hubungan perdagangan antara kedua negara. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat