visitaaponce.com

Gempa 7,2 SR Guncang Semenanjung Alaska, Picu Tsunami Kecil

Gempa 7,2 SR Guncang Semenanjung Alaska, Picu Tsunami Kecil
Peta Cincin Api Pasifik(AFP)

Gempa berkekuatan 7,2 SR melanda semenanjung Alaska pada Sabtu (16/7) malam waktu setempat. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa itu secara singkat memicu peringatan tsunami.

USGS merevisi besaran gempa turun yang semula disebut 7,4 SR. "Gempa dangkal terjadi pada pukul 22:48 Sabtu (atau 0648 GMT Minggu), sekitar 55 mil (89 kilometer) barat daya kota kecil Sand Point," kata badan tersebut.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional di Palmer, Alaska, kemudian mencabut peringatan tsunami sebelumnya untuk Alaska selatan dan semenanjung Alaska."Gempa tersebut menghasilkan gelombang tsunami kecil enam inci (15 sentimeter) di atas permukaan air pasang yang diamati di Sand Point dan King Cove."

"Tsunami dihasilkan oleh peristiwa ini, tetapi tidak lagi menimbulkan ancaman," kata lembaga itu lagi, seraya menambahkan beberapa daerah mungkin terus mengalami perubahan kecil permukaan laut.

Alaska adalah bagian dari Cincin Api Pasifik yang aktif secara seismik. Negara terpencil itu dilanda gempa berkekuatan 9,2 pada Maret 1964, yang terkuat yang pernah tercatat di Amerika Utara. Gempa itu menghancurkan Anchorage dan memicu tsunami yang menghantam Teluk Alaska, pantai barat AS, dan Hawaii. Lebih dari 250 orang tewas akibat gempa dan tsunami tersebut. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat