visitaaponce.com

Kebakaran Hutan Hebat di Kanada, Jutaan Orang Disarankan Gunakan Masker

Kebakaran Hutan Hebat di Kanada, Jutaan Orang Disarankan Gunakan Masker
Kota New York diselimuti kabut asap dampak kebakaran hutan di Kanada.(AFP)

JUTAAN orang di Amerika Utara telah disarankan untuk mengenakan masker N95 di luar ruangan karena polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan hebat di Kanada.

New York akan mulai membagikan masker gratis pada hari Kamis (8/6). Otoritas Kanada mengatakan bahwa orang-orang harus mengenakan masker jika berada di luar ruangan.

Para pejabat memperingatkan bahwa kondisi berasap yang berbahaya ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir pekan. Sebagian besar asap berasal dari Quebec, di mana 150 titik api menyala.

Baca juga : Minim Hujan, Denmark Khawatir Kasus Kebakaran Hutan Meningkat

Lebih dari 15.000 penduduk diperkirakan akan terpaksa mengungsi di provinsi tersebut. "Ini adalah musim kebakaran terburuk di Quebec yang pernah tercatat,” kata para pejabat pada hari Rabu (7/6).

Gubernur New York Kathy Hochul mengumumkan bahwa New York akan mendistribusikan satu juta masker kepada penduduk negara bagian tersebut pada hari Kamis. "Ini adalah situasi sementara. Ini bukan Covid," katanya dalam sebuah konferensi pers.

Baca juga : Kawasan Hutan Liae di Sabu Raijua Terbakar

Gubernur menambahkan bahwa bus dan kereta api di New York City memiliki sistem penyaringan udara berkualitas tinggi sehingga aman untuk digunakan dalam perjalanan.

Environment Kanada mengatakan bahwa kondisi di Toronto memburuk pada hari Kamis, Bahkan semakin banyaknya asap yang masuk.

Dalam buletin cuaca khusus, badan tersebut merekomendasikan agar siapa pun yang berada di luar ruangan untuk mengenakan masker.

"Partikel-partikel halus ini umumnya menimbulkan risiko terbesar bagi kesehatan. Namun, respirator tidak mengurangi paparan gas-gas dalam asap kebakaran hutan," demikian pernyataan Environment Canada.

Sementara itu, Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) mengklasifikasikan kualitas udara di sebagian besar wilayah timur laut sebagai tidak sehat, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah pernapasan.

Secara keseluruhan, jutaan orang di seluruh Amerika Utara diperkirakan berada di bawah peringatan kualitas udara.

Di New York, kabut oranye menyelimuti cakrawala kota dan menyelimuti landmark kota, termasuk Patung Liberty.

"Kami menyarankan semua warga New York untuk membatasi aktivitas di luar ruangan semaksimal mungkin,” ujar Walikota Eric Adams.

Kebun binatang telah membawa hewan-hewan ke dalam ruangan dan kegiatan menunggang kuda ditangguhkan di New York.

Pada hari Rabu, sekolah-sekolah di wilayah Washington DC juga membatalkan kegiatan di luar ruangan karena tingkat kualitas udara diberi label kode merah, sementara Detroit terdaftar sebagai wilayah metropolitan terburuk kelima di dunia dalam peringkat polusi udara IQAir.

Para pejabat kesehatan masyarakat telah memperingatkan masyarakat untuk tidak berolahraga di luar ruangan dan sebisa mungkin meminimalkan paparan asap, karena udara menimbulkan risiko kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

Para pejabat Kanada mengatakan bahwa negara ini sedang menghadapi musim kebakaran hutan terburuk yang pernah tercatat. (BBC/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat