visitaaponce.com

Minim Hujan, Denmark Khawatir Kasus Kebakaran Hutan Meningkat

Minim Hujan, Denmark Khawatir Kasus Kebakaran Hutan Meningkat
anak-anak sedang berkemah di sebuah hutan di Denmark(Sergei GAPON / AFP)

Sudah dua pekan ini di Denmark tidak turun hujan. Menurut badan meteorologi setempat (DMI), ini merupakan kali pertama dalam 17 tahun terakhir di negeri itu tidak turun hujan selama dua pekan.

DMI mencatat bahwa ada indikasi bahwa periode tanpa curah hujan yang lebih lama mungkin terkait dengan perubahan iklim. “Tetapi ini adalah bidang penelitian yang sedang berlangsung,” kata lembaga cuaca itu, Rabu (7/6).

Mei ini adalah yang bulan terkering di Denmark selama 15 tahun terakhir, dan para ahli meteorologi tidak memprediksi hujan dalam beberapa hari mendatang.

Baca juga : Cuaca dan Perubahan Perilaku Manusia

"Jika kita tidak mencatat curah hujan hari ini,  sudah lebih dua pekan kita tanpa curah hujan," kata DMI dalam sebuah pernyataan. Menurut mereka ini adalah periode tanpa curah hujan terpanjang absolut yang tercatat sejak 1 Januari 2006.

Terletak di zona beriklim Eropa utara, negara Skandinavia ini jarang mengalami periode yang lama tanpa curah hujan. Menurut pihak berwenang, kemungkinan akan ada sedikit atau tidak ada curah hujan sama sekali dalam beberapa minggu mendatang,  sehingga memicu meningkatnya risiko kebakaran hutan.

"Dalam beberapa minggu terakhir, layanan darurat kota telah menanggapi lebih banyak laporan kebakaran daripada tahun-tahun sebelumnya", kata Badan Manajemen Darurat Denmark. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat