visitaaponce.com

Gelombang Panas Tewaskan Puluhan Orang di India

Gelombang Panas Tewaskan Puluhan Orang di India
Masyarakat di India, berkegiatan di tengah gelombang panas yang terus melanda.(Dok. AFP)

GELOMBANG panas yang tak henti-hentinya melanda India utara telah menewaskan sedikitnya 52 orang di New Delhi. Times of India melaporkan hal itu pada Kamis, 20 Juni, ketika negara tersebut bergulat dengan rekor suhu tertinggi pada musim panas ini.

"Setidaknya 52 jenazah dibawa ke rumah sakit dalam dua hari terakhir,” dilansir Times of India, sebagian besar dari mereka adalah orang miskin dan tinggal serta bekerja di alam terbuka.

India telah mencatat lebih dari 40.000 kasus dugaan serangan panas pada musim panas ini dan setidaknya 110 kematian yang terkonfirmasi antara tanggal 1 Maret dan 18 Juni. India bagian barat laut dan timur mencatat jumlah hari gelombang panas dua kali lipat dari biasanya.

Baca juga : Ini Rekor Gelombang Panas Terparah di Seluruh Eropa, Asia, dan Amerika

“Musim panas yang berkepanjangan seharusnya diklasifikasikan sebagai bencana alam,” kata surat kabar The Hindu dalam editorialnya pada Kamis (20/6) merujuk pada kekurangan air dan tingginya kebutuhan listrik.

Kementerian Kesehatan India memerintahkan lembaga-lembaga federal dan negara bagian untuk memastikan perhatian segera terhadap pasien, sementara rumah sakit diarahkan untuk menyediakan lebih banyak tempat tidur.

Badan Departemen Cuaca setempat juga memperkirakan suhu di atas normal untuk bulan ini, dan Delhi mengalami malam terpanas dalam lebih dari 50 tahun pada Rabu (19/6), dengan suhu minimum 35,2 derajat celcius.

Miliaran orang di Asia bergulat dengan cuaca panas yang ekstrem, sebuah tren yang menurut para ilmuwan diperburuk oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

(CNA/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat