visitaaponce.com

Thailand Alami Gelombang Panas, Bagaimana dengan Indonesia

Thailand Alami Gelombang Panas, Bagaimana dengan Indonesia?
Ilustrasi peningkatan suhu dan gelombang panas di Thailand.(Dok. AFP)

PLT. Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dodo Gunawan mengatakan gelombang panas ekstrem yang melanda Thailand kemungkinan tidak terjadi di Indonesia.

"Fenomena heatwave kemungkinannya sangat kecil terjadi. Heatwave terjadi di negara daratan (benua) seperti di Thailand, sementara Indonesia berupa negara kepulauan dan berada di wilayah lintang rendah (tropis)," jelas Dodo saat dihubungi, Rabu (1/5).

Sebanyak 77 provinsi di Thailand alami peningkatan suhu panas ekstrem, bahkan 26 provinsi di antaranya capai suhu lebih dari 40 derajat celsius. Suhu tertinggi terjadi di Provinsi Lampang yang alami suhu capai 44,2 derajat celsius.

Baca juga : Ini Rekor Gelombang Panas Terparah di Seluruh Eropa, Asia, dan Amerika

Peningkatan suhu tersebut juga bisa terjadi di negara tetangga yakni Filipina karena berada di garis lintang lebih tinggi dibanding Indonesia. Sehingga meski negara tersebut merupakan negara kepulauan namun cuaca panas ekstrem mungkin terjadi.

"Sementara itu di Filipina walaupun negara kepulauan tapi berada di lintang lebih tinggi dibanding Indonesia sehingga dimungkinkan terjadi gelombang panas," ujar dia.

Cuaca panas juga terjadi di India yang capai rekor tertinggi 41 derajat celcius atau meningkat 5,5 derajat celsius di atas suhu normal.

Di Jakarta rata-rata suhu masih 34-36 derajat celcius atau tergolong panas terik bukan gelombang panas.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat