visitaaponce.com

61 Warga Thailand Tewas Akibat Gelombang Panas

61 Warga Thailand Tewas Akibat Gelombang Panas
Ilustrasi suhu panas di Thailand.(Dok. AFP)

DAMPAK gelombang panas telah menewaskan 61 orang di Thailand sejak Januari tahun ini, dua kali lipat dari jumlah korban yang tercatat sepanjang 2023. Negara kerajaan tersebut mencatat suhu mencapai 44,2 derajat celsius di provinsi utara Lampang, hanya sedikit di bawah rekor nasional sepanjang masa sebesar 44,6 derajat celsius pada tahun lalu.

Gelombang cuaca yang sangat panas melanda Thailand dalam beberapa pekan terakhir. Pihak berwenang mengeluarkan peringatan tentang cuaca panas hampir setiap hari.

Kementerian kesehatan negeri Gajah Putih menyatakan 61 orang telah meninggal karena sengatan panas sejak awal 2024. Jumlah korban tersebut naik signifikan dari tahun lalu dengan 37 orang.

Baca juga : Thailand Alami Gelombang Panas, Bagaimana dengan Indonesia?

Bagian timur laut Thailand yang jantung pertanian mengalami jumlah kematian tertinggi. Para ilmuwan telah lama memperingatkan bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia akan menghasilkan gelombang panas yang lebih sering, lebih lama, dan lebih hebat.

Meskipun fenomena El Nino turut mendorong terjadinya cuaca yang sangat hangat tahun ini, Asia juga mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan rata-rata global, menurut organisasi meteorologi dunia PBB. Wakil Departemen Pengendalian Penyakit Thailand Apichart Vachiraphan memperingatkan orang-orang dengan kondisi medis yang mendasarinya untuk membatasi waktu mereka di luar ruangan.

(CNA/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat