visitaaponce.com

Jokowi Minta Kepala Daerah Antisipasi Kelangkaan Pangan Akibat Peningkatan Suhu

Jokowi Minta Kepala Daerah Antisipasi Kelangkaan Pangan Akibat Peningkatan Suhu
Cuaca ekstrem menghantui, Kepala Daerah diminta waspadai ketahanan pangan(MI)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh kepala daerah untuk mengantisipasi potensi kelangkaan pangan yang disebabkan oleh peningkatan suhu panas. Diperkirakan, dalam lima tahun ke depan suhu panas akan mencapai rekor tertinggi.

"Ini harus direncanakan dan diantisipasi dari sekarang, karena diperkirakan 50 juta petani akan kekurangan air. Tidak ada air," ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2024, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (14/6).

Presiden menjelaskan bahwa Organisasi Pangan dan Pertanian dunia (FAO) memprediksi kelaparan berat akan terjadi pada tahun 2050 jika tidak ada perubahan signifikan. Oleh karena itu, Jokowi menegaskan agar para kepala daerah tidak meremehkan isu suhu panas.

Baca juga : Suhu Udara di Delhi Tembus 50 Derajat Celcius

"Jangan main-main dengan masalah gelombang panas. Dampaknya bisa ke inflasi, karena ketika stok menipis dan produksi berkurang, harga pasti naik," jelasnya.

Presiden menekankan bahwa masyarakat adalah pihak yang paling dirugikan. Ia berharap inflasi yang saat ini berada di angka 2,84 persen dapat tetap terkendali.

"Jika masalah air tidak diurus, produksi turun, stok menipis, harga pasti naik, dan inflasi pasti akan naik lagi. Rentetan ini yang harus diantisipasi, dan sekali lagi, rakyat yang akan menjadi korban," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat