visitaaponce.com

Kekhawatiran Akurasi Data dari Stasiun Cuaca Otomatis Akibat Suhu Tinggi di India

Kekhawatiran Akurasi Data dari Stasiun Cuaca Otomatis Akibat Suhu Tinggi di India
Suhu tinggi yang tidak biasa di seluruh India menimbulkan kekhawatiran tentang akurasi data dari Stasiun Cuaca Otomatis (AWS)(Freepik)

SUHU tinggi yang tidak biasa di seluruh negara menimbulkan kekhawatiran tentang akurasi data dari Stasiun Cuaca Otomatis (AWS), dari Departemen Meteorologi India dan lembaga lainnya.

Sebuah stasiun cuaca di Nagpur, Maharashtra, mencatat suhu 56 derajat Celsius, Jumat (31/5). Demikian pula, stasiun cuaca di Mungeshpur, Delhi, mencatat suhu 52,9 derajat Celsius pada Rabu.

Departemen Meteorologi India mengatakan suhu yang tercatat di AWS di Nagpur salah, dan suhu tersebut tidak diumumkan secara resmi.

Baca juga : Awas Potensi Hujan Lebat dan Panas Terik Hari ini

Dalam sebuah pernyataan, badan cuaca tersebut mengatakan, "Pada 30 Mei, PDKV (Panjabrao Deshmukh Krishi Vidyapeeth) Ramdaspeth (Nagpur City IMD AWS) melaporkan suhu maksimum 54,4 derajat C dan satu stasiun lagi di Nagpur melaporkan 52,2 derajat C. Nilai-nilai ini salah karena kegagalan sensor elektronik (seperti yang dikonfirmasi oleh IMD, Pune)."

"Pengamatan dari AWS lainnya dan stasiun observatorium IMD di Nagpur melaporkan suhu maksimum dalam kisaran 44-45 derajat C. Tindakan korektif sedang diambil oleh IMD," tambahnya.

Kantor cuaca mengatakan bahwa AWS yang berfungsi di dekat Central Institute of Cotton Research, Nagpur mencatat suhu maksimum 44,0 derajat Celsius pada 30 Mei 2024.

Baca juga : Suhu Udara Cirebon Tertinggi Se-Indonesia di Akhir Oktober

Kantor cuaca tersebut mengatakan sistem otomatis dapat melaporkan pembacaan yang salah karena berbagai alasan seperti kondisi lokasi, kerusakan sensor atau pelindung.

"Namun, staf IMD dilatih untuk mendeteksi pembacaan yang salah dengan membandingkannya dengan banyak parameter meteorologi lainnya. Data yang tidak wajar juga disaring pada tahap pra-pemrosesan," kata pernyataan itu.

Sementara itu, laporan investigasi tentang AWS di Mungeshpur, yang mencatat suhu maksimum 52,9 derajat Celsius, masih berlangsung.

Perlu dicatat bahwa IMD telah memasang lebih dari 800 AWS di seluruh negeri untuk observasi cuaca.(India Today/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat