visitaaponce.com

Ini Rekor Gelombang Panas Terparah di Seluruh Eropa, Asia, dan Amerika

Ini Rekor Gelombang Panas Terparah di Seluruh Eropa, Asia, dan Amerika
Warga Beijing mencoba bertahan di tengah gelombang panas yang tak kunjung usai.(AFP)

GELOMBANG panas yang hebat di seluruh dunia belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Bahkan penduduk di seluruh Asia, Eropa, dan Amerika Utara berebut untuk mencari tempat berlindung dari suhu panas yang sangat ekstrem tersebut.

Suhu panas yang ekstrem diperkirakan terjadi di seluruh dunia pada Rabu (19/7) saat petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api di beberapa bagian Yunani dan Kepulauan Canary. Sementara pihak berwenang dari California hingga Tiongkok memperingatkan bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh suhu yang menyengat. Mereka mendesak masyarakat untuk minum air dan berteduh dari sinar matahari.

Berikut ini adalah sekilas tentang tempat-tempat yang paling terpengaruh oleh suhu yang sangat panas ekstrem akibat gelombang panas.

Baca juga: Gelombang Panas Hantam AS

1. Tiongkok

Para turis berbondong-bondong mendatangi sebuah termometer raksasa di Tiongkok yang menunjukkan suhu permukaan 80 derajat Celcius (176 derajat Fahrenheit) pada Rabu (19/7), cuaca ekstrem terbaru yang memicu kekacauan dan rasa penasaran di seluruh dunia.

Pada Selasa (18/7), ibu kota Beijing mencatatkan hari ke-27 dengan suhu lebih dari 35 derajat Celcius (95 derajat Fahrenheit), yang merupakan rekor baru untuk hari dengan suhu tertinggi dalam satu tahun.

2. Yunani

Kebakaran hutan terjadi untuk hari ketiga di sebelah barat ibu kota Yunani, Athena. Pesawat pengebom air kembali beroperasi pada dini hari dan para petugas pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam untuk menjauhkan api dari kompleks kilang minyak di pesisir pantai.

Juru bicara pemadam kebakaran Yannis Artopios menyebutnya sebagai hari yang sulit. Bahkan gelombang panas lain yang akan terjadi pada hari Kamis, dengan suhu yang diperkirakan mencapai 44C (111F).

Kebakaran hutan di dekat resor tepi pantai Loutraki, di mana walikota mengatakan bahwa 1.200 anak telah dievakuasi pada hari Senin dari kamp-kamp liburan, masih menyala.

Baca juga: Begini Penjelasan Para Ilmuwan tentang Fenomena Gelombang Panas

3. Italia

Pulau Sardinia dan Sisilia di Italia diperkirakan akan melampaui rekor suhu di seluruh benua, yaitu 48,8C (120F) yang tercatat di Sisilia pada bulan Agustus 2021.

Di Ibu Kota Sardinia, Cagliari, apoteker Teresa Angioni mengatakan bahwa para pasien mengeluhkan gejala-gejala yang berhubungan dengan panas.

4. Spanyol

"Kita semua tercekik!" Presenter televisi Spanyol, Silvia Intxaurrondo, berteriak di depan kamera yang sedang menyiarkan saluran TV pemerintah, RTVE. Saat ini terjadi puncak gelombang panas ketiga musim panas di Spanyol dan membuat penduduk setempat serta turis berkeringat deras.

"Spanyol meleleh minggu ini,” tulis Koran digital OKdiario

Untuk bagian utara dan timur Mallorca dan juga untuk sebagian Catalonia dan Aragon di timur laut Spanyol, layanan cuaca nasional AEMET menyatakan tingkat siaga merah pada hari Selasa. Gelombang panas diperkirakan akan berakhir paling lambat hari Kamis.

Baca juga: Gelombang Panas Menghimpit Amerika Serikat Barat dan Selatan

5. Prancis

Di Prancis selatan, rekor 29,5C (85,1F) tercatat di resor ski Alpen Alpe d'Huez, sementara 40,6C (105,1F) tercatat untuk pertama kalinya di Verdun di kaki bukit Pyrenees.

6. Kepulauan Canary

Di Kepulauan Canary, sekitar 400 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api yang telah melalap 3.500 hektar (8.650 acre) hutan dan memaksa 4.000 orang mengungsi, dan pihak berwenang memperingatkan penduduk untuk mengenakan masker di luar rumah karena kualitas udara yang buruk.

7. Amerika Serikat

Puluhan juta warga Amerika Serikat (AS) mengalami tingkat panas yang berbahaya minggu ini. National Weather Service memperingatkan bahwa gelombang panas yang sangat berbahaya dan berdurasi panjang akan terus berlanjut di Barat Daya hingga minggu depan. Begitu pula indeks panas menyebar ke seluruh bagian selatan-tengah dan tenggara.

(Aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat