visitaaponce.com

Kawasan Hutan Liae di Sabu Raijua Terbakar

Kawasan Hutan Liae di Sabu Raijua Terbakar
Ilustrasi.(DOK MI.)

KAWASAN Hutan Liae di Desa Mehona, Kecamatan Liae, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, terbakar sejak Senin (5/6). Kawasan yang terbakar terdiri dari semak dan pohon berhasil dipadamkan pada Rabu (7/6).

"Petugas bergerak cepat sehingga kawasan yang terbakar hanya sekitar 30 are. Sebagian besar kawasan terutama semak masih hijau sehingga api tidak cepat meluas," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sabu Raijua, Javid Ndu Ufi.

Pemadaman melibatkan petugas dari BPBD, Satuan Damkar, Satuan Polisi Pamong Praja, dan masyarakat. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran kawasan hutan tersebut. "Masih ada sisa-sisa api, sedang dipadamkan dengan mobil tangki," ujarnya.

Menurutnya, petugas masih melakukan pendataaan luas kawasan hutan yang terbakar. Untuk itu, sebanyak lima tangki air saat ini siaga untuk dioperasikan sewaktu-waktu jika terjadi kebakaran hutan, lahan, maupun rumah penduduk. "Empat hari lalu, kami menangani kebakaran rumah penduduk di Kecamatan Sabu Barat dan Hawu Mehara," jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Nusa Tenggara Timur, Ambrosius Kodo, menyebutkan pihaknya menetapkan status siaga kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tingkat provinsi yang diikuti dengan pembentukan satgas penanganan karhutla. "Kami berharap kabupaten dan kota segera membantuk satgas yang sama karena sesuai laporan BMKG, kemarau tahu ini akan lebih kering," ujar Ambrosius Kodo. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat