visitaaponce.com

Serangan Rusia Rusak 40 Ribu Ton Biji-bijian Ukraina

Serangan Rusia Rusak 40 Ribu Ton Biji-bijian Ukraina
CEO Agrotrade Group, Vitaliy Bylenko memeriksa kondisi biji-bijian di lumbungnya di desa Vesele, wilayah Kyiv pada 18 Juli 2023.(AFP/Sergei Supinsky.)

RUSIA merusak hampir 40.000 ton biji-bijian dalam serangan semalam di pelabuhan Ukraina selatan dekat sungai Danube. Ini dikatakan menteri infrastruktur Kyiv, Rabu (2/8/2023).

"Rusia menyerang gudang dan alat angkut biji-bijian. Hampir 40.000 ton biji-bijian rusak," kata Menteri Oleksandr Kubrakov dalam suatu posting berbahasa Inggris di media sosial.

Kubrakov menambahkan bahwa biji-bijian itu ditujukan ke beberapa negara Afrika, Tiongkok, dan Israel. Ia menuduh Rusia menggunakan pesawat tak berawak Iran untuk melakukan serangan itu.

Baca juga: Serangan Rusia di Kampung Zelensky Tewaskan Enam Orang

"Ini pelabuhan-pelabuhan yang menjadi fondasi ketahanan pangan global saat ini," katanya.

Sejak menarik diri dari kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam pada bulan Juli, Rusia mengintensifkan serangan terhadap fasilitas-fasilitas penting untuk pengiriman biji-bijian Ukraina.

Baca juga: Rusia Nilai Serangan Drone Ukraina termasuk Tindakan Putus Asa

Kesepakatan itu memungkinkan sekitar 33 juta ton biji-bijian untuk meninggalkan pelabuhan Ukraina dengan aman. Ini mengurangi kekhawatiran terhadap kekurangan pangan global.

Dengan rute Laut Hitam yang diblokade secara efektif, pelabuhan Izmail dan Reni Ukraina yang sebelumnya tidak dikenal di Danube menjadi sangat penting untuk ekspor. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat