visitaaponce.com

Junta Niger Galang Dukungan Masyarakat

Junta Niger Galang Dukungan Masyarakat
Para pendukung militer Niger menyatakan dukungan aksi kudeta.(AFP)

Para pemimpin junta Niger menggalang dukungan dari masyarakat. Langkah tersebut dilakukan bersamaan dengan akhir tenggat yang ditetapkan kelompok ekonomi negara-negara Afrika Barat atau ECOWAS, Minggu (6/8). ECOWAS mengancam akan mengerahkan kekuatan militer jika militer Niger tidak membebaskan Presiden Mohamed Bazoum dan mengembalikan pemerintahan kepada pihak yang sah.

Anggota Dewan Nasional untuk Perlindungan Niger Mohamed Toumba pun berbicara kepada masyarakat promiliter dan meminta dukungan untuk junta terus berkuasa. Ajakan dukungan itu disampaikan di sebuah stadion di ibu kota Niger, Niamey.

Ribuan pendukung kudeta pun meyatakan siap membantu perubahan tersebut.

Baca juga: Junta Niger Ancam Serang ECOWAS Jika Intervensi Secara Militer

“Saya di sini untuk mendukung militer. Kami juga menentang blok regional (ECOWAS). Kami akan berjuang sampai akhir. Kami tidak setuju dengan apa yang dilakukan Prancis terhadap kami. Penjajahan sudah selesai,” kata Ibrahim Nudirio, salah satu warga pendukung junta Niger.

Penguasa militer Niger juga etlah mengumumkan penutupan wilayah udara negara itu dan memperingatkan bahwa setiap upaya pelanggaran yang dilakukan negara-negara ECOWAS akan mendapat sanksi tegas.

Baca juga: Niger Menutup Ruang Udara Jelang Batas Waktu Ultimatum ECOWAS

"Menghadapi ancaman intervensi yang semakin jelas melalui persiapan negara-negara tetangga, wilayah udara Niger ditutup untuk semua pesawat hingga pemberitahuan lebih lanjut, mulai hari ini, Minggu (6/8)," kata mereka dalam sebuah pernyataan. (AFP/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat