visitaaponce.com

Senegal Resmikan Kantor Regional PBB di Diamniadio Dekat Dakar

Senegal Resmikan Kantor Regional PBB di Diamniadio Dekat Dakar
Presiden Senegal, Macky Sall secara resmi membuka markas besar regional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di dekat ibu kota Dakar.(AFP)

PRESIDEN Senegal, Macky Sall secara resmi membuka markas besar regional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di dekat ibu kota Dakar. Kantor itu akan menampung seluruh operasi PBB di negara ini, seperti dilaporkan jurnalis AFP.

Gedung PBB ini berlokasi di lahan seluas 13 hektare (32 acre) di kota baru Diamniadio, sekitar 30 kilometer (18 mil) dari Dakar, dan juga akan melayani wilayah lebih luas di Afrika Barat dan Tengah.

Kompleks ini akan menjadi rumah bagi 34 entitas PBB yang saat ini beroperasi di Senegal dan 2.400 karyawan mereka, demikian diungkapkan oleh penyelenggara upacara peresmian.

Baca juga: Protes Penangkapan Tokoh Oposisi Sonko, 2 Orang Tewas di Senegal

Proyek ini dimulai tahun 2019 dan dibangun perusahaan swasta Senegal dengan biaya sekitar 175 miliar CFA francs (sekitar US$291 juta).

"Kami berkeinginan untuk menyediakan lingkungan yang ideal dan sesuai bagi 34 lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang beroperasi di Senegal, terutama di Dakar, untuk memudahkan pelaksanaan tugas mereka," ujar Sall dalam sambutannya.

Baca juga: Sekjen PBB Tak Habis Pikir dengan Kebiadaban Israel

"Ini mencerminkan perhatian kembali negara kami terhadap Perserikatan Bangsa-Bangsa, dengan tujuan berkontribusi pada cita-cita perdamaian dan aspirasi masyarakat untuk bekerja sama demi dunia yang lebih baik," tambahnya.

Kota baru Diamniadio sendiri dicanangkan delapan tahun yang lalu oleh Sall sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Dakar. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat