visitaaponce.com

Dakwaan di Georgia, Bahaya Besar bagi Trump

Dakwaan di Georgia, Bahaya Besar bagi Trump
Mantan Presiden AS Donald Trump(AFP/JIM WATSON)

DONALD Trump telah didakwa empat kali pada tahun ini namun dakwaan terbaru, di Georgia, membawa bahaya besar bagi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) itu.

Dakwaan Georgia merupakan satu-satunya dakwaan yang berpeluang disiarkan langsung lewat televisi, bisa disaksikan oleh seluruh warga AS dan dunia.

Trump telah tampil selama 14 musim di serial realitas televisi The Apprentice namun jika dakwaannya benar-benar disiarkan di televisi, dia akan berada dalam posisi yang benar-benar baru, sebagai terdakwa.

Baca juga: Mengenal Fani Willis, Jaksa Georgia yang Berhadapan dengan Trump

Fani Willis, jaksa Georgia, yang mendakwa Trump dan 18 orang lain karena melakukan kejahatan terorganisir dan pelanggaran lain terkait upaya mereka mengubah hasil Pemilu 2020, Senin (14/8), mengatakan ingin kasus itu disidangkan dalam enam bulan ke depan.

Trump juga menghadapi dakwaan federal yang diajukan jaksa khusus Jack Smith terkait upayanya menggagalkan kemenangan Joe Biden dalam pemilu.

Pengadilan itu akan mulai digelar pada 28 Agustus namun kamera tidak diizinkan masuk ke ruang sidang federal.

Baca juga: Ancaman Indikasi Penuntutan Terhadap Trump Kembali Muncul

Smith juga mendakwa Trump, calon kandidat Presiden AS dari Partai Republik, menyembunyikan dokumen rahasia. Kasus itu akan disidangkan di Florida pada Mei 2024.

Trump juga menghadapi dakwaan di New York, yang akan disidang pada Maret 2024, karena memberikan uang tutup mulut kepada seorang bintang film porno. Namun, dakwaan-dakwaan itu tidak separah dakwaan di Georgia.

Di Georgia, Trump terekam meminta kepada pejabat pemilu setempat untuk mendapatkan 11.780 suara, jumlah yang dibutuhkannya untuk menggagalkan kemenangan Biden. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat