visitaaponce.com

Baru Semalam di Balik Jeruji Besi, Thaksin Dilarikan ke RS

Baru Semalam di Balik Jeruji Besi, Thaksin Dilarikan ke RS
Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra menyapa pendukungnya usai mendarat di Bandara Don Mueang, Bangkok.(AFP/Lillian SUWANRUMPHA )

MANTAN Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra dilarikan ke rumah sakit semalam setelah dirinya dijemput paksa untuk proses penahanan atas vonis delapan tahun penjara.

Thaksin baru tiba dari pengasingan selama 15 , pada Selasa (22/8). Sesaat setelah menginjakan kaki di Tanah Airnya itu, dia langsung ditahan.

Sehari kemudian, Rabu (23/8), dia dipindahkan ke rumah sakit setelah menderita masalah kesehatan di malam pertamanya di dalam penjara. Kondisi kesehatan politisi senior Thailand yang berusia 74 tahun itu belum jelas.

Baca juga: Thaksin Pulang Kampung dan Langsung Dipenjara

Pejabat departemen pemasyarakatan Thailand, Selasa (22/8), mengatakan Thaksin sudah mempunyai masalah dengan jantung, paru-paru, dan tulang belakang serta tekanan darah. Kondisinya pun diawasi secara ketat.

“Penjara telah menilai situasinya dan melihat bahwa mereka kekurangan dokter dan peralatan medis yang dapat merawat pasien sehingga dia dikirim ke rumah sakit polisi,” kata Asisten Kepala Kepolisian Thailand Letnan Jenderal Prachuab Wongsuk.

Baca juga: Setelah 15 Tahun di Pengasingan, Thaksin Kembali ke Thailand

Mahkamah Agung Thailand, Selasa (22/8), memastikan Thaksin harus menjalani hukuman delapan tahun penjara, setelah bertahun-tahun di pengasingan menyusul vonis penyalahgunaan kekuasaan dan konflik kepentingan. (The Guardian/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat