visitaaponce.com

Kebakaran Hutan Hancurkan Ekonomi Kanada

Kebakaran Hutan Hancurkan Ekonomi Kanada
Kebakaran hutan yang terjadi di Kanada berdampak buruk terhadap perekonomian.(AFP)

KEBAKARAN hutan di Kanada telah menimbulkan dampak buruk terhadap perekonomian. Termasuk berdampak negatif terhadap sektor pariwisatanya.

Stephen Brown dari Capital Economics mencatat kebakaran hutan biasanya tidak mempunyai dampak terukur terhadap perekonomian Kanada. Namun tahun ini, katanya dalam sebuah catatan penelitian, dengan meluasnya kebakaran, dampak yang lebih besar dari biasanya.

“Kebakaran hutan terburuk di Kanada yang pernah tercatat tampaknya menjadi penyebab melemahnya PDB baru-baru ini dan, dengan semakin banyaknya wilayah yang kini berada di bawah perintah evakuasi, data tersebut kemungkinan akan tetap lemah dalam beberapa bulan mendatang,” katanya.

Baca juga: Kanada Akui Permainan Brasil Lebih Baik

Statistik keuangan Kanada pada Jumat (1/9), melaporkan kontraksi 0,2% pada kuartal kedua dan awal yang lemah pada kuartal ketiga. Laporan tersebut menunjuk pada gangguan kebakaran hutan di pertambangan dan fasilitas minyak.

Para pedagang eceran melihat mata pencaharian mereka berubah karena larangan menangkap ikan. Jalan menuju Tofino, pusat wisata di Pulau Vancouver yang memiliki hutan kuno dan pantai berpasir, terputus.

Baca juga: Beberapa Pengungsi Kebakaran Hutan Kanada Kembali ke Rumah saat Cuaca Lebih Dingin

Di Lembah Okanagan, kebun buah-buahan mengeluhkan asap yang menghalangi sinar matahari sehingga menunda pematangan apel. "Namun, jumlah korbannya tidak seburuk yang seharusnya terjadi," kata Tony Stillo dari Oxford Economics.

“Meskipun kebakaran hutan merupakan rekor tertinggi, kebakaran terjadi di daerah-daerah terpencil dengan dampak yang lebih kecil terhadap populasi besar atau pusat ekonomi atau koridor transportasi, hal-hal yang akan memutus jalur pasokan,” jelasnya.

Oxford Economics dalam laporannya pada Juni memperingatkan bahwa kebakaran hutan dapat memangkas pertumbuhan ekonomi Kanada tahun ini sebanyak 0,3 hingga 0,6 poin.

Biaya pemadaman kebakaran meningkat

Ottawa memperkirakan biaya tahunan untuk memadamkan kebakaran hutan mencapai Can$1 miliar (US$737 juta atau sekitar Rp.11 triliun). Kemudian menurut Institut Iklim Kanada, dampak iklim seperti kebakaran yang semakin besar dapat mengurangi separuh proyeksi pertumbuhan ekonomi Kanada di tahun-tahun mendatang.

Pada 2030, rata-rata kerugian tahunan akibat bencana diperkirakan mencapai Can$15,4 miliar atau sekitar Rp.172 triliun. Kerugian asuransi telah melonjak lima kali lipat sejak 2009 menjadi lebih dari Can$2 miliar atau Rp.2 triliun per tahun, menurut Biro Asuransi Kanada.

Jason Clark dari biro tersebut mengatakan jumlah kejadian bencana dan pembayaran asuransi akan terus meningkat. Yang paling mengkhawatirkan, katanya, adalah bahwa warga Kanada tidak lagi menghadapi satu bencana lokal setiap beberapa tahun atau dekade.

"Melainkan beberapa peristiwa yang saling bertumpukan dalam satu tahun termasuk kebakaran, banjir, gelombang panas, dan bencana alam dahsyat. Ketika negara-negara sering mengalami kerugian besar, hal ini berdampak signifikan terhadap penilaian risiko asuransi dan premi,” katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat