visitaaponce.com

Indonesia Diapresiasi karena Berhasil Eratkan Hubungan ASEAN dan Pasifik

Indonesia Diapresiasi karena Berhasil Eratkan Hubungan ASEAN dan Pasifik
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kepualaun Cook Mark Brown di istana Merdeka, Jakarta.(BPMI Setpres)

Perdana Menteri (PM) Kepulauan Cook, Mark Brown, menyampaikan terima kasih kepada Indonesia karena telah mendekatkan ASEAN dengan negara-negara di Kawasan Pasifik. Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Brown kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/9).

"Perdana Menteri Cook Island menyampaikan selamat kepada Indonesia. Ia mengapresias Indonesia karena selama ini menjadi pemain kunci dalam mendekatkan ASEAN dengan Pasifik," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya selepas pertemuan.

Kedua pemimpin juga menyambut baik telah ditandatanganinya kerja sama antara Sekretariat dan dengan Sekretariat Pacific Islands Forum (PIF). Seperti diketahui, PM Mark Brown hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Islands Forum (PIF).

Baca juga: Jokowi dan PM Timor Leste Bahas Pengembangan Kawasan Ekonomi di Perbatasan

"Siang tadi telah ditandatangani kerja sama antara Sekretariat ASEAN dan Sekretariat PIF. Ini merupakan implementasi dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang diinisiasi Indonesia pada 2019. Itu kemudian diterjemahkan selama keketuaan Indonesia dengan merangkul IORA dan PIF dan Indonesia melakukan ASEAN Indo-Pacific Forum," jelas Retno.

Di samping itu, pada pertemuan tersebut, Brown juga menyampaikan isu kerja sama dengan negara-negara mitra sebagai prioritas utamanya.

Baca juga: Jokowi dan PM Kamboja Bahas Ketahanan Pangan dan Perlindungan WNI

"PM Cook Island menyampaikan, bagi PIF, prioritas utama mereka adalah membahas development priorities dengan negara-negara mitranya," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat