visitaaponce.com

Pemprov DKI Gandeng Ho Chi Minh City untuk Kerja Sama bidang Transportasi dan Wisata

Pemprov DKI Gandeng Ho Chi Minh City untuk Kerja Sama bidang Transportasi dan Wisata
Pemprov DKI kerja sama bidang transportasi dan pariwisata dengan Ho Chi Minh City, Vietnam.(MGN)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membahas potensi kerja sama sister city antara Jakarta dengan Ho Chi Minh City, Vietnam. Kolaborasi itu di bidang transportasi dan pariwisata.

"Jakarta sangat terbuka untuk menerima kesempatan kerja sama Ho Chi Minh City selanjutnya dalam bentuk kerja sama sister city yang lebih intensif antarkota," kata Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 September 2023.

Joko mengatakan pihaknya bertemu Wakil Ketua Komite Rakyat Ho Chi Minh City Bui Xuan Cuong dan Konsul Jenderal Indonesia untuk Ho Chi Minh City Agustaviano Sofjan pada Selasa, 5 September 2023. Sebanyak 16 delegasi dari berbagai departemen pada Pemerintah Kota Ho Chi Minh City turut hadir dalam forum itu.

Baca juga: Indonesia dan Vietnam Bahas Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik

"Saat ini Jakarta dalam proses memenuhi tantangan sebagai kota global dan menjadi kota bisnis," papar dia.

Joko menyebut Pemprov DKI sangat mendukung bila pihak Ho Chi Minh City ingin melakukan studi banding. Utamanya terkait transportasi dan mitigasi permasalahan lingkungan.

Baca juga: Hadiri KTT ASEAN, PM Timor Leste Xanana Gusmao dan PM Viet Nam Tiba di Jakarta

"Harapannya pertemuan ini dapat ditindaklanjuti dengan sinergi yang baik sehingga dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di kedua kota," ujar dia.

Optimis Prospek Positif

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi mengatakan sinergi kedua kota diyakini saling menguntungkan hingga tingkat ASEAN.

"Ho Chi Minh City dan Jakarta memiliki banyak kesamaan karakteristik. Hal itu menjadikan Ho Chi Minh City sebagai mitra kerja sama yang prospektif," kata Marulida.

Marulina mengatakan kerja sama itu akan mewujudkan Jakarta sebagai kota global. Sekaligus penggerak ekonomi di kawasan ASEAN.

Kerja sama antara Jakarta dan Vietnam di sektor transportasi bukan hal baru. Moda raya terpadu (MRT) Jakarta sudah memiliki kerja sama pelatihan personel dengan Ho Chi Minh City Urban Railways No 1 Company Limited (HURC 1).

"Potensi pariwisata antarkedua kota juga sangat layak digali. Dalam hal ini, sudah terdapat faktor pendukung," jelas Marulina.

Marulina mencontohkan penerbangan langsung maskapai VietJet dari Ho Chi Minh City ke Jakarta dan kebijakan bebas visa wilayah ASEAN. Kemudian perpanjangan masa tinggal bagi wisatawan kedua negara menjadi 45 hingga 90 hari.

"Kami harap di masa depan kemudahan perjalanan ini dapat mendukung peningkatan volume perdagangan, bisnis, dan investasi antarkedua kota," ujar dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat