visitaaponce.com

PM Kanada Menyesal Puji Veteran Nazi Ukraina

PM Kanada Menyesal Puji Veteran Nazi Ukraina
PM Kanada Justin Trudeau menyampaikan permintaan maaf menyusul langkah parlemen mendatangkan veteran Ukraina yang berjuang dengan Nazi.(AFP)

PERDANA Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyampaikan permintaan maaf menyusul langkah parlemen mendatangkan veteran Perang Dunia II asal Ukraina yang berjuang bersama Nazi, Yaroslav Hunka.

“Saya ingin menyampaikan permintaan maaf tanpa syarat atas apa yang terjadi pada Jumat (22/9) dan kepada Presiden (Volodymyr Zelensky) dan delegasi Ukraina atas sikap yang mereka berikan, kepada kita semua yang hadir,” kata Trudeau kepada anggota parlemen.

Tanpa sadar mengenali veteran ini, kata dia, adalah kesalahan besar dan merupakan pelanggaran terhadap ingatan orang-orang yang sangat menderita di tangan rezim Nazi.

Baca juga : Kanada Memilih Greg Fergus sebagai Ketua DPR Pertama yang Berkulit Hitam

Pemimpin Kanada tersebut mengacu pada insiden memalukan yang menodai kunjungan Zelensky pekan lalu, yang memicu keributan yang menyebabkan pengunduran diri ketua parlemen. Trudeau mengatakan dia sangat menyesal atas kesulitan yang menimpa Zelensky.

Rusia mengatakan insiden tersebut mendukung pernyataannya bahwa perang di Ukraina bertujuan untuk mendenazifikasi negara tersebut, sebuah tuduhan yang menurut Kyiv dan sekutu Baratnya tidak berdasar.

Kremlin mengatakan veteran Nazi Ukraina yang dihormati di parlemen Kanada pekan lalu harus diadili dan menyarankan agar dia diekstradisi. Pria berusia 98 tahun itu berjuang untuk Nazi selama Perang Dunia II.

“Pihak berwenang Kanada mempunyai kewajiban untuk mengadili atau mengekstradisi mereka yang ingin mengadili penjahat ini,” kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Sementara Polandia sedang mempertimbangkan untuk mengekstradisi veteran tersebut, dan menyelidiki Hunka yang berjuang untuk unit SS dicari karena kejahatan terhadap orang Polandia atau Yahudi Polandia. (AFP/Z-3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat