visitaaponce.com

Hillary Clinton Akui Kepiawaian Putin di Kancah Dunia

Hillary Clinton Akui Kepiawaian Putin di Kancah Dunia
Presiden Rusia Vladimir Putin(AFP/Mikhail Metzel )

MANTAN Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton percaya pengaruh Rusia yang semakin besar di dunia adalah berkat kepiawaian Presiden Vladimir Putin ditambah faktor eksternal seperti kegaduhan politik di AS.

"Putin dan timnya yang melakukan intervensi, baik secara terselubung maupun terang-terangan, yang bertujuan untuk melemahkan demokrasi dan merendahkan para pemimpin politik, adalah bagian besar dari cara dia memandang perannya," paparnya.

Dia mengatakan Putin berhasil membumikan pemikirannya di dalam dan luar Rusia. Banyak ide dan gagasannya menjadi perbincangan di banyak media.

Baca juga: Putin Klaim Penduduk di Empat Wilayah Ukraina Pilih Rusia

"Ketika saya melihat orang-orang menirukan poin-poin pembicaraan Rusia yang pertama kali muncul di Russia Today atau pertama kali muncul dalam pidato seorang pejabat Rusia, itu adalah poin besar yang dicetak Putin,” kata Clinton.

AFP/Alex Wong/Getty Images--Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton

Berbicara tentang perdebatan Kongres AS saat ini mengenai bantuan lebih lanjut ke Ukraina, dia mengatakan kondisi tersebut disukai Putin. 

"Saya pikir Putin tidak hanya senang dengan perpecahan mengenai apakah kita terus mendanai Ukraina, dan pada tingkat apa, mendanai Ukraina. Saya pikir dia mengobarkan hal itu sebagai sehat," ungkap Clinton.

Baca juga: Moskow dan Baku Diskusikan Masa Depan Misi Penjaga Perdamaian di Nagorno-Karabakh

Pada 10 Agustus, Pemerintahan AS meminta US$13 miliar untuk bantuan militer darurat untuk Kiev. Ditambah lagi US$8,5 miliar untuk bantuan ekonomi dan keamanan ke Ukraina dan negara lainnya dari Kongres sebagai pengeluaran tambahan dari anggaran federal. (TASS/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat