visitaaponce.com

Peraih Nobel Malala Yousafzai Bersumpah Mendukung Gaza

Peraih Nobel Malala Yousafzai Bersumpah Mendukung Gaza
Malala Yousafzai mengutuk Israel dan menegaskan kembali dukungannya terhadap warga Palestina di Gaza(AFP)

PERAIH Nobel Malala Yousafzai mengutuk Israel dan menegaskan kembali dukungannya terhadap warga Palestina di Gaza. Pernyataan itu setelah adanya reaksi keras dari negara asalnya, Pakistan, atas musikal Broadway yang ia produksi bersama dengan mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton.

Yousafzai, yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2014, dikecam beberapa pihak karena bermitra dengan Clinton, seorang pendukung terang-terangan perang Israel melawan Hamas.

Musikal berjudul "Suffs" menggambarkan kampanye hak pilih perempuan Amerika untuk hak memilih di abad ke-20. Musikal itu telah diputar di New York sejak minggu lalu.

Baca juga : Israel Telah Menewaskan 34.183 Orang Warga Gaza

“Saya ingin tidak ada kebingungan mengenai dukungan saya terhadap rakyat Gaza,” tulis Yousafzai di X, bekas Twitter. 

“Kita tidak perlu melihat lebih banyak lagi mayat, sekolah yang dibom, dan anak-anak kelaparan untuk memahami bahwa gencatan senjata adalah hal yang mendesak dan perlu.”

Dia menambahkan: "Saya telah dan akan terus mengutuk pemerintah Israel atas pelanggaran hukum internasional dan kejahatan perang."

Baca juga : Mediator Qatar: Pembicaraan Israel-Hamas tentang Gencatan Senjata Gaza Terhenti

Pakistan telah menyaksikan banyak protes pro-Palestina yang sangat emosional sejak perang di Gaza dimulai Oktober lalu.

“Kolaborasi teater Yusafzai dengan Hillary Clinton – yang mewakili dukungan tegas Amerika terhadap genosida warga Palestina – merupakan pukulan besar bagi kredibilitasnya sebagai aktivis hak asasi manusia,” tulis kolumnis populer Pakistan Mehr Tarar di platform media sosial X pada hari Rabu.

"Saya menganggapnya sangat tragis."

Baca juga : Hamas Tuntut Janji Tertulis Israel

Meskipun Clinton mendukung kampanye militer untuk menyingkirkan Hamas dan menolak tuntutan gencatan senjata, ia juga secara eksplisit menyerukan perlindungan bagi warga sipil Palestina.

Yousafzai secara terbuka mengutuk jatuhnya korban sipil dan menyerukan gencatan senjata di Gaza.

The New York Times melaporkan perempuan berusia 26 tahun itu mengenakan pin merah-hitam saat menghadiri acara perdana "Suffs" Kamis lalu, yang menandakan dukungannya terhadap gencatan senjata.

Baca juga : 6 Bulan Perang Israel-Hamas, Perdamaian di Jalur Gaza Kian Sulit Tercapai

Namun penulis dan akademisi Nida Kirmani berkata di X bahwa keputusan Yousafzai untuk bermitra dengan Clinton "menjengkelkan dan sekaligus memilukan. Benar-benar mengecewakan."

Perang tersebut dimulai dengan serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober yang mengakibatkan kematian sekitar 1.170 orang, menurut penghitungan AFP atas angka resmi Israel. Militan Hamas juga menculik 250 orang dan Israel memperkirakan 129 di antaranya masih berada di Gaza, termasuk 34 orang yang menurut militer tewas.

Clinton menjabat sebagai diplomat tertinggi Amerika pada masa pemerintahan mantan presiden Barack Obama, yang mengawasi kampanye serangan pesawat tak berawak yang menargetkan militan Taliban di Pakistan dan perbatasan Afghanistan.

Yousafzai mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian setelah ditembak di kepala oleh Taliban Pakistan saat ia mendorong pendidikan anak perempuan saat remaja pada tahun 2012.

Namun, perang pesawat tak berawak menewaskan dan melukai sejumlah warga sipil di wilayah asal Yousafzai, sehingga memicu lebih banyak kritik online terhadap Peraih Nobel termuda, yang menerima penghargaan tersebut pada usia 17 tahun.

Yousafzai sering dipandang dengan kecurigaan di Pakistan. Di mana para kritikus menuduhnya mendorong agenda politik feminis dan liberal Barat di negara konservatif tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat