visitaaponce.com

Hizbullah Tembaki Posisi Israel yang Duduki Daerah Sengketa

Hizbullah Tembaki Posisi Israel yang Duduki Daerah Sengketa
Asap mengepul di daerah perbatasan pertanian Shebaa yang diperebutkan pada 14 Oktober 2023.(AFP/Joseph Eid.)

KELOMPOK Hizbullah Libanon yang didukung Iran mengatakan pihaknya menembaki posisi Israel di daerah perbatasan yang diperebutkan pada Sabtu (14/10). Ini terjadi ketika ketegangan meningkat akibat perang Israel dengan sekutu Hizbullah di Palestina, Hamas.

Hizbullah dan faksi Palestina lain di Libanon telah saling baku tembak dengan Israel sejak serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang yang menewaskan lebih dari 1.300 orang di Israel. 

Orang-orang bersenjata Palestina juga menyandera sekitar 150 orang. Sementara serangan balasan udara dan artileri besar-besaran Israel menewaskan lebih dari 2.200 orang di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Baca juga: Serangan Israel Tewaskan Jurnalis Reuters dan Lukai Enam Lainnya

Hizbullah, "Menyerang posisi Zionis di peternakan Shebaa--daerah Libanon yang dijajah--dengan peluru kendali dan mortir, menghantam mereka," kata kelompok syiah itu dalam suatu pernyataan.

Seorang koresponden AFP di dekat Shebaa Farms melaporkan penembakan dan melihat kepulan asap membubung di daerah tersebut. Israel hampir setiap hari melakukan baku tembak dengan Hizbullah dan faksi-faksi Palestina yang bersekutu di Libanon sejak Minggu, meskipun serangan balasan masih terbatas.

Baca juga: Israel Bunuh 320 Warga Palestina dalam 24 Jam Terakhir

Tentara Libanon mengatakan pada Sabtu bahwa Israel berada di balik tembakan lintas perbatasan yang menewaskan seorang jurnalis Reuters dan melukai enam lainnya di dekat perbatasan pada hari sebelumnya. Sebelumnya pada Sabtu, pasukan Israel mengatakan mereka, "Membunuh beberapa teroris yang mencoba melintasi perbatasan dari Libanon."

Pada Senin, Hizbullah mengatakan serangan Israel telah menewaskan tiga anggotanya. Sementara itu, pejuang Palestina mengklaim upaya infiltrasi mereka gagal. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat