visitaaponce.com

Dokter Gaza Ungkap Bom Israel Sebabkan Luka Bakar Derajat IV, Rusak hingga ke Tulang

Dokter Gaza Ungkap Bom Israel Sebabkan Luka Bakar Derajat IV, Rusak hingga ke Tulang
Tenaga medis sedang mengobati salah satu anak korban luka bakar bom Israel di Rafah, Senin (23/10).(AFP/Mohammed Abed)

ISRAEL menggunakan senjata baru yang menyebabkan luka bakar parah di tubuh para korban serangan udaranya di Gaza, Palestina.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina Ashraf al-Qudra mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa petugas medis telah mengidentifikasi penggunaan senjata yang tidak biasa yang menyebabkan luka bakar parah pada tubuh korban tewas dan
terluka.

Namun, Israel hingga kini belum memberikan komentar terkait pernyataan tersebut.

Baca juga : 16 Hari Ditarget Bom Israel, Anak-Anak Gaza Alami Trauma Parah
  

Keberadaan senjata baru yang disebut Kemenkes Palestina viral dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Tampak dalam video tersebut sekelompok dokter dan perawat tengah mengelilingi seorang korban yang terluka parah.

“Senjata-senjata ini digunakan untuk pertama kalinya, kami belum pernah melihatnya sebelumnya, senjata ini menyebabkan luka bakar tingkat 4 dan kami menyerukan untuk segera menghentikan perang ini,” ujar dokter tersebut.

Baca juga : Israel Gunakan Bom Fosfor Beracun di Gaza

 

Rusak hingga ke tulang

Dikutip dari Halodoc, luka bakar derajat IV ditunjukkan dengan kerusakan luas pada tubuh yang telah mencapai lapisan otot, tendon, dan tulang. 

Kerusakan meliputi seluruh lapisan dermis, organ kulit seperti folikel rambut, kelenjar sebasea, dan kelenjar keringat. 

Luka bakar derajat IV ditandai dengan kulit yang terbakar berwarna abu - abu dan pucat (letaknya lebih rendah dibandingkan kulit sekitar), terjadi penggumpalan protein pada lapisan epidermis dan dermis yang dikenal sebagai bekas luka.

Tidak dijumpai rasa nyeri dan hilang sensor karena ujung saraf sensorik mengalami kerusakan. Penyembuhannya terjadi lebih lama karena ada proses pertumbuhan jaringan epitel dari dasar luka.


Pasien gagal ginjal 

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Kesehatan Palestina juga mengungkapkan soal penyakit serius  yang dapat merenggut nyawa lebih dari seribu pasien gagal ginjal, jika pasokan bahan bakar tidak segera tersedia di rumah sakit-rumah sakit dan sektor pelayanan kesehatan..
  
"Kegagalan menyediakan bahan bakar di rumah sakit-rumah sakit akan menyebabkan akan menimbulkan penyakit serius yang merenggut nyawa 1.100 pasien gagal ginjal, termasuk 38 anak-anak," ujar al-Qudra.
  
Al-Qudra menyerukan warga yang memiliki solar berapapun banyaknya untuk mendonasikannya ke rumah-sakit untuk menyelamatkan nyawa korban luka maupun sakit. (Anadolu/Ant/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat