visitaaponce.com

Duta Besar Korea Utara Muncul di PBB untuk Bela Peluncuran Satelit Mata-Mata

Duta Besar Korea Utara Muncul di PBB untuk Bela Peluncuran Satelit Mata-Mata
Di depan Dewan Keamanan PBB, Duta besar Korea Utara membela peluncuran satelit mata-mata oleh negara.(AFP)

DUTA Besar Korea Utara membuat penampilan langka di Dewan Keamanan PBB pada hari Senin untuk membela peluncuran satelit mata-mata oleh negaranya. Sementara pemimpin Kim Jong Un memeriksa gambar termasuk Gedung Putih dan Pentagon.

Kekuatan Barat, Jepang, dan Korea Selatan mengatakan Korea Utara melanggar resolusi Dewan Keamanan dengan meluncurkan satelit tersebut minggu lalu.

Negara totaliter ini mengatakan mata baru di langit telah memberikan gambar dari situs militer utama AS dan Korea Selatan, serta foto ibu kota Italia, Roma.

Baca juga: Kim Jong Un Memeriksa Foto Satelit Wilayah Target Korea Selatan, Termasuk Pangkalan Militer AS

Pada Senin, gambar dengan "detail" dari Gedung Putih dan Pentagon di Washington diambil, menurut agensi berita KCNA yang dikelola negara, yang mengatakan Kim meninjau foto-foto tersebut. Dia juga menghitung beberapa kapal induk di pangkalan militer dan galangan kapal di negara bagian tetangga Virginia, demikian laporan itu.

Di Dewan Keamanan, Duta Besar Korea Utara untuk PBB, Kim Song, mengeluh negara lain tidak menghadapi pembatasan pada satelit."Tidak ada negara lain di dunia yang berada dalam lingkungan keamanan sekritis seperti DPRK," kata Kim, menggunakan nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

Baca juga: Usai Gagal Dua Kali, dengan Bantuan Rusia, Satelit Mata-Mata Korut Capai Orbit

"Satu pihak yang bermusuhan, Amerika Serikat, mengancam kami dengan senjata nuklir," katanya.

"Ini hak sah bagi DPRK sebagai pihak bermusuhan lain untuk mengembangkan, menguji, membuat, dan memiliki sistem senjata yang setara dengan yang dimiliki atau dikembangkan oleh Amerika Serikat."

Dia mencemooh tuduhan AS bahwa teknologi satelit juga membantu Korea Utara mengasah kapasitas rudalnya, mempertanyakan apakah Amerika Serikat menempatkan satelit ke orbit dengan menggunakan ketapel.

Duta Besar AS, Linda Thomas-Greenfield, menolak klaim Korea Utara bahwa negaranya bertindak dalam pertahanan diri dan mengatakan latihan bersama AS-Korea Selatan adalah "rutin" dan "bersifat defensif."

"Kami dengan sengaja mengurangi risiko dan mengejar transparansi dengan mengumumkan latihan terlebih dahulu termasuk tanggal dan aktivitas, tidak seperti DPRK," katanya, menambahkan latihan tersebut tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan.

Badan mata-mata Korea Selatan mengatakan Rusia, yang ingin bantuan di Ukraina, membantu Korea Utara dengan satelit tersebut setelah pertemuan antara Kim dan Presiden Vladimir Putin.

Amerika Serikat mengatakan bulan lalu, Korea Utara telah mengirimkan lebih dari 1.000 kontainer peralatan militer dan amunisi ke Rusia. Rusia dan Tiongkok, sekutu utama Korea Utara, telah mengajukan resolusi, yang ditentang oleh Amerika Serikat, untuk melegakan sanksi terhadap Pyongyang sebagai bagian dari upaya untuk mendorong dialog.

Wakil Tiongkok Geng Shuang menuduh Amerika Serikat "mengintensifkan ketegangan dan konfrontasi" melalui aliansi militernya dengan Korea Selatan.

"Jika DPRK terus merasa terancam, dan kekhawatiran keamanannya yang sah tetap tidak terpecahkan, semenanjung ini tidak akan bisa keluar dari dilema keamanan dan hanya terjebak dalam siklus buruk dari tindakan agresif saling membalas," katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat