visitaaponce.com

Terkendala Kesehatan, Menhan AS Lloyd Austin Batal Hadiri Pertemuan NATO

Terkendala Kesehatan, Menhan AS Lloyd Austin Batal Hadiri Pertemuan NATO
Rencana Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ke Belgia untuk bertemu para menteri NATO batal karena masalah kesehatan. (AFP)

MENTERI Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin telah membatalkan perjalanan ke Brussels, Belgia, untuk bertemu dengan para menteri NATO. Agendanya akan membahas bantuan militer untuk Ukraina.

Alasan Austin menjalani perawatan kesehatan di rumah sakit usai mengalami komplikasi kanker prostat. Austin, 70, dibawa ke Pusat Medis Militer Walter Reed pada Minggu (11/2), dengan gejala yang menunjukkan masalah pada kandung kemihnya.

Dalam sebuah pernyataan, dokter yang merawatnya mengatakan Austin menjalani prosedur non-bedah dengan anestesi umum untuk memulihkan kandung kemihnya.

Baca juga : Lagi, Menhan AS Lloyd Austik Dibawa ke Rumah Sakit

Sebelumnya, Austin dijadwalkan menghadiri pertemuan rutin negara-negara sekutu Ukraina, sebuah kelompok yang beranggotakan sekitar 50 negara, untuk mengoordinasikan bantuan militer untuk Kyiv. Pertemuan itu sekarang akan diadakan secara virtual, kata dua pejabat pertahanan AS.

Setelah pertemuan Ukraina, Austin akan menghadiri pertemuan rutin para menteri pertahanan NATO, juga di Brussels. Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks, yang telah diamantkan untuk menjalani tugas Austin akan menghadiri pertemuan itu.

Pertemuan di Brussel akan berlangsung usai Senat AS terpecah soal paket bantuan sebesar US$95,3 miliar untuk Ukraina, Israel dan Taiwan disetujui. Meskipun demikian terdapat penolakan dari kelompok garis keras Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump.

Baca juga : Menhan AS Lloyd Austin Dirawat Lagi

Rancangan undang-undang tersebut mencakup dana sebesar US$61 miliar untuk Ukraina, yang dipandang penting oleh Kyiv menjelang peringatan dua tahun invasi besar-besaran Rusia. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat