visitaaponce.com

Putin Siap Gunakan Senjata Nuklir Jika Kedaulatan Rusia Terancam

Putin Siap Gunakan Senjata Nuklir Jika Kedaulatan Rusia Terancam
Presiden Rusia Vladimir Putin(Pavel BEDNYAKOV / POOL / AFP))

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut persenjataan nuklir negaranya lebih canggih dibandingkannegara lain. Dia mengaku siap mengerahkan senjata tersebut jika kedaulatan Rusia terancam.

Komentar terbaru Putin muncul hanya beberapa hari menjelang pemilu di Rusia. Pemilu itu dijamin akan memberinya enam tahun lagi kekuasaan.

“Nuklir kami lebih modern dibandingkan senjata nuklir negara lainnya. Hanya kami dan Amerika yang benar-benar memiliki senjata seperti itu. Dan kami telah mencapai lebih banyak kemajuan di sini," kata Putin dalam wawancara luas dengan media pemerintah.

Baca juga : Bukan untuk Perang, Putin: Nuklir di Belarusia Peringatan bagi Barat

Bulan lalu ia memperingatkan negara-negara Barat bahwa ada risiko nyata terjadinya bencana nuklir jika mereka ikut campur pada konflik di Ukraina.

“Kami siap menggunakan senjata, termasuk senjata apa pun (nuklir)  jika menyangkut tentang keberadaan negara Rusia atau kerusakan terhadap kedaulatan dan kemerdekaan kami,” tambah Putin dalam wawancara yang disiarkan di Channel News Asia, Rabu (13/3).

Komentar Putin muncul beberapa jam setelah Ukraina menargetkan infrastruktur energi dan wilayah perbatasan Rusia untuk hari kedua berturut-turut.

Baca juga : AS Berhenti bagi Data Senjata Nuklir dengan Rusia di bawah Perjanjian START

Drone Ukraina menyerang tiga kilang minyak ratusan kilometer dari garis depan di wilayah Ryazan, Nizhny Novgorod, dan Leningrad, kata sumber keamanan kepada AFP.

“Tugas kami adalah merampas sumber daya musuh dan mengurangi aliran uang minyak dan bahan bakar,” kata sumber tersebut.

Satu drone menyebabkan kebakaran dan melukai beberapa orang ketika jatuh ke kilang minyak di wilayah Ryazan yang terletak sekitar 200 kilometer (120 mil) tenggara Moskow, tulis Gubernur Regional Ryazan Pavel Malkov di Telegram.

“Di wilayah Rostov yang berbatasan dengan Ukraina, serangan drone mendarat di lokasi kilang minyak di kota Novoshakhtinsk, “kata gubernur regional Vasily Golubev. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat