visitaaponce.com

Masyarakat Indonesia Rayakan Lebaran di London Bersama Dewi Gita dan Armand Maulana

Masyarakat Indonesia Rayakan Lebaran di London Bersama Dewi Gita dan Armand Maulana
Penampilan Armand Maulana (kiri) bersama Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya di acara Halal Bihalal Idul Fitri di KBRI London.(MI/Dok KBRI London)

MULAI dari pukul 08.00 waktu setempat, masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia berdatangan dan memadati Wisma Nusantara London guna melaksanakan Salat Eid, sekaligus menghadiri Gelar Griya Halal Bihalal Idul Fitri yang diselenggarakan KBRI London, Rabu (10/4).

Meski cuaca terasa dingin dengan kisaran 7 derajat Celcius, masyarakat Indonesia di London tetap antusias untuk beribadah dan bersilahturahmi.

“Tiap tahunnya antusiasme masyarakat untuk menghadiri lebaran KBRI London, khususnya pascapandemi, semakin meningkat. Hadirin pada pagi ini tercatat lebih dari 2.000 orang”, ucap Duta Besar RI untuk Inggris, Irlandia, dan Organisasi Maritim Internasional Desra Percaya. 

Baca juga : Umat Muslim Indonesia Mengikuti Salat Ied dan Gelar Griya di KDEI Taipei 

“Tidak sedikit yang sampaikan ke saya bahwa mereka rela menempuh berjam-jam perjalanan dari luar London, demi berlebaran di sini pada hari ini,” lanjutnya.

Khotbah tahun ini dibawakan Ustaz Harjani Hefni, Dosen IAIN Pontianak, yang mengambil tema Kembali ke Fitrah. 

Dalam khotbahnya, Ustaz Harjani mengingatkan pentingnya menjaga fitrah, yaitu menetapnya hidayah dalam manusia, salah satunya melalui puasa yang mengajarkan kesabaran, kepedulian, dan melakukan kebaikan.

Baca juga : Cristiano Ronaldo Sampaikan Ucapan Selamat Idul Fitri

Secara istimewa, lebaran di London kali ini dimeriahkan oleh pasangan penyanyi Dewi Gita serta Armand Maulana, serta putri mereka Naja. 

Selain tampil membawakan beberapa lagu hits seperti Janjiku dan Terbang, Armand juga membawakan lagu 11 Januari berduet dengan iringan saxophone oleh Dubes Desra.

Sambil menikmati kuliner khas lebaran seperti opor ayam, lontong sayur, sambal goreng ati, dan jajanan pasar Indonesia, hadirin larut dalam suasana semarak sambil turut mendendangkan lagu Kamu yang dibawakan Armand.

Baca juga : Bamsoet : Idul Fitri Momen Perekat Silaturahmi Kebangsaan

Acara Halal Bihalal juga diisi oleh tampilan diaspora Indonesia yang berbasis di Inggris, mulai dari Annisa Rebana, Merah Putih band, dan duo Marlon – Zefan.

Acara Salat Idul Fitri dan Halal Bihalal ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan amaliyah dalam rangka Ramadan - Idul Fitri 1445H yang diselenggarakan KBRI London. 

Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa persatuan dan mengobati rasa kangen masyarakat Indonesia yang berada di Inggris dan Irlandia akan suasana tanah air. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat