visitaaponce.com

Jokowi Israel Wajib Taati Mahkamah Internasional Hentikan Serangan ke Palestina

Jokowi: Israel Wajib Taati Mahkamah Internasional Hentikan Serangan ke Palestina
Sejumlah warga dari Aqsa Working Group melakukan aksi dukungan terhadap Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta.(Antara/Hafidz Mubarak A)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menekankan Israel wajib untuk menaati putusan Mahkamah Internasional, termasuk menghentikan serangan ke Palestina. Jokowi sudah sering kali menyampaikan bawah Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Kota Rafah.

"Meskipun sudah berkali-kali saya sampaikan, tetapi saya ingin mengulang lagi bahwa Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Rafah," kata Jokowi usai kunjungannya ke Pasar Senggol, Kota Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (1/6).

Pada Kamis dini hari waktu setempat (30/5), militer Israel kembali melancarkan serangan udara di Rafah, Gaza selatan, dan menewaskan sedikitnya 12 warga Palestina. Israel terus melakukan serangan di Rafah meski ada perintah dari Mahkamah Internasional (ICJ), pengadilan tertinggi PBB, untuk menghentikan serangannya.

Baca juga : Afrika Selatan Desak ICJ Pertimbangkan Tindakan Tambahan terhadap Israel

Militer Israel mengatakan mereka berusaha membasmi para milisi Hamas dan menyelamatkan sandera yang ditahan di sana. Sebelumnya, serangan Israel terus terjadi di Rafah, Palestina. 

Meski Pengadilan Tertinggi Internasional PBB (ICJ) meminta serangan dihentikan sejak Jumat, Israel tetap bergeming. Militer Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu membombardir kemah-kemah pengungsi yang menewaskan puluhan orang, Minggu (26/4) dan Selasa (28/5).

Jokowi menegaskan Israel mesti memiliki kewajiban untuk menaati mahkamah internasional, termasuk menghentikan serangan ke Palestina. Sebelumnya saat menyampaikan amanat Upacara Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Pancasila, Pertamina Hulu Rokan, di Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (1/6/2024), Jokowi mengatakan bahwa Indonesia selalu konsisten dalam memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa termasuk Palestina.

"Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa. Ini termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi dalam amanatnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat