visitaaponce.com

Anggota Kabinet Perang Israel Benny Gantz Mengundurkan Diri

Anggota Kabinet Perang Israel Benny Gantz Mengundurkan Diri 
Benny Gantz, anggota kabinet perang Israel, mengundurkan diri. Gantz menuduh Benjamin Netanyahu mengutamakan kepentingan politik pribadi(X/@gantzbe)

ANGGOTA kabinet perang Israel, Benny Gantz, telah mengundurkan diri dari pemerintahan Benjamin Netanyahu, memberikan pukulan bagi perdana menteri yang sedang merayakan penyelamatan langka para sandera yang ditahan di Gaza.

“Netanyahu mencegah kami untuk bergerak maju menuju kemenangan sejati [di Gaza],” kata Gantz dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Minggu di mana dia menggambarkan meninggalkan pemerintahan sebagai keputusan yang “kompleks dan menyakitkan.”

“Itulah sebabnya kami meninggalkan pemerintahan darurat hari ini dengan hati yang berat, tetapi dengan hati yang utuh,” katanya.

Baca juga : PM Israel Benjamin Netanyahu Bantah Tuduhan Membuat Kelaparan di Gaza

Gantz – yang dianggap sebagai penantang politik utama Netanyahu – mengatakan dia berhenti delapan bulan setelah serangan Hamas pada 7 Oktober karena “situasi di negara ini dan di ruang pengambilan keputusan telah berubah.”

Dia menuduh Netanyahu mengutamakan pertimbangan politik pribadinya sendiri daripada strategi pasca-perang untuk Jalur Gaza, mengklaim bahwa “keputusan strategis yang menentukan dihadapi dengan keraguan dan penundaan karena pertimbangan politik,” dan mendesak perdana menteri untuk mengadakan pemilihan dalam beberapa bulan mendatang.

“Saya menyerukan kepada Netanyahu: tetapkan tanggal pemilihan yang disepakati. Jangan biarkan rakyat kita terpecah belah,” kata Gantz.

Baca juga : Warga Gaza tidak Henti Pindah Mengungsi

Keputusan Gantz memenuhi ultimatum yang dia berikan kepada perdana menteri bulan lalu, yang memintanya untuk menyusun rencana baru untuk perang melawan Hamas pada 8 Juni.

Gantz diperkirakan akan mengundurkan diri pada hari Sabtu, tetapi menunda pengumuman tersebut setelah berita pasukan Israel telah menyelamatkan empat sandera dalam sebuah operasi yang menurut pejabat Gaza menyebabkan lebih dari 270 warga Palestina tewas.

Pengunduran dirinya datang meskipun Netanyahu meminta Gantz untuk tetap berada dalam pemerintahan darurat Israel, mengatakan saat ini waktu untuk persatuan, bukan perpecahan. Setelah pengumuman Gantz, Netanyahu mendesaknya untuk berubah pikiran.

Baca juga : Kabinet Perang Benjamin Netanyahu Diambang Perpecahan

“Benny, ini bukan saatnya untuk meninggalkan perjuangan – ini adalah saatnya untuk bergabung,” kata Netanyahu kepada Gantz dalam sebuah posting di X.

“Warga Israel, kami akan terus berjuang hingga kemenangan dan semua tujuan perang tercapai, yang paling penting adalah pembebasan semua sandera kami dan pemusnahan Hamas,” kata Netanyahu.

Netanyahu mengatakan pintunya tetap terbuka bagi partai politik mana pun yang siap untuk berbagi beban perang melawan Hamas, dan akan “membantu membawa kemenangan atas musuh kita dan memastikan keamanan warga negara kita.”

Baca juga : Menhan Israel Yoav Gallant Tolak Pembentukan Pemerintahan Israel di Gaza

Keputusan Gantz tidak menempatkan pemerintahan Netanyahu dalam bahaya langsung – partainya bukan bagian dari koalisi perdana menteri, yang mempertahankan mayoritas dengan 64 kursi di Knesset, parlemen Israel yang beranggotakan 120 orang. Namun, ini akan meninggalkan kabinet perang, yang dibentuk empat hari setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, tanpa perwakilan dari partai mana pun selain Likud milik Netanyahu.

Selain perdana menteri, satu-satunya anggota pemerintahan darurat yang masih memiliki kekuasaan pengambilan keputusan adalah Menteri Pertahanan Yoav Gallant, juga dari Likud.

Keputusan Gantz datang saat Netanyahu menghadapi seruan yang semakin meningkat dari sekutu Barat Israel dan keluarga sandera yang ditahan di Gaza untuk mengakhiri perang dan membawa pulang para sandera.

Delapan bulan sejak perang dimulai, Israel belum mencapai tujuannya yang dinyatakan karena sebagian besar kepemimpinan puncak Hamas masih buron dan lebih dari 100 sandera masih ditahan di wilayah tersebut.

Amerika Serikat berulang kali meminta perdana menteri untuk menyusun rencana nyata pasca-perang untuk Gaza. Presiden AS Joe Biden, yang pekan lalu menyusun proposal perdamaian Israel tiga cabang, menyarankan bahwa Netanyahu mungkin diuntungkan dari memperpanjang konflik.

Gantz, mantan menteri pertahanan berusia 64 tahun, mengatakan bulan lalu bahwa Netanyahu harus mengajukan rencana yang mencakup pemusnahan Hamas, pemulangan sandera dari Gaza, pembentukan pemerintahan alternatif di wilayah tersebut, pemulangan warga Israel yang terlantar dari utara negara tersebut, dan rencana untuk membuat kemajuan dalam normalisasi dengan Arab Saudi.

Netanyahu menolak ancaman Gantz, mengatakan ultimatum tersebut akan merugikan Israel.

Pada bulan April, Gantz menyerukan agar pemilihan awal diadakan paling cepat pada bulan September, menjelang ulang tahun satu tahun perang, mengatakan “masyarakat Israel perlu memperbarui kontraknya dengan kepemimpinannya.”

Gantz sering mengungguli perdana menteri dalam popularitas, menurut jajak pendapat opini. Sebuah survei yang diterbitkan pada hari Jumat oleh surat kabar Israel Maariv menunjukkan dukungan untuk Gantz sebesar 42%, dibandingkan dengan 34% untuk Netanyahu.

Kabinet perang, yang merupakan anggota Gantz, beroperasi secara independen dari pemerintahan Israel yang lebih luas. Kabinet ini bertanggung jawab untuk membuat keputusan terkait dengan pertempuran di Gaza.

“Dia (Gantz) bergabung dengan pemerintahan empat hari setelah 7 Oktober untuk menyeimbangkan keadaan dengan sayap kanan, mencegah pengambilan keputusan yang ceroboh,” tulis Alon Pinkas, mantan diplomat Israel, di surat kabar Israel Haaretz. 

“Menurut pikirannya, dia adalah orang dewasa yang bertanggung jawab di pemerintahan yang dipenuhi dengan orang-orang yang tidak kompeten dan mesianik.”

Saat perang berlarut-larut, dengan penduduk yang mengungsi di Israel utara tidak dapat kembali ke rumah dan sandera masih ditawan di Gaza, Gantz mungkin menyadari dia akan kehilangan popularitas dengan tetap berada di kabinet, kata Pinkas.

“Semakin lama Gantz tetap berada di pemerintahan, semakin lemah Gantz akan menjadi,” tulis Pinkas. 

“Semakin identik posisinya dengan perdana menteri, semakin dia akan kalah di kedua sisi. Para sayap kanan akan kembali ke rumah dan para sentris akan mencari pilihan lain.” (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat