visitaaponce.com

Hampir 1 Juta Orang Mengungsi di Gaza Akibat Operasi Militer Israel yang Diperluas

Hampir 1 Juta Orang Mengungsi di Gaza Akibat Operasi Militer Israel yang Diperluas
Hampir satu juta orang, atau setengah dari populasi Gaza, telah mengungsi dalam sebulan terakhir setelah operasi militer Israel di Rafah(UNRWA)

HAMPIR satu juta orang atau setengah dari populasi Gaza mengungsi dalam sebulan terakhir setelah operasi militer Israel yang diperluas di Rafah, sebagaimana diuraikan  Dewan Pengungsi Norwegia dalam sebuah laporan, Kamis.

Laporan tersebut menyatakan semakin sulit bagi orang-orang yang mengungsi di Gaza untuk berpindah tempat, menghadapi masalah seperti jalanan yang macet, kepadatan, kekurangan bahan bakar, dan lonjakan biaya transportasi hingga enam kali lipat. Laporan itu juga memperingatkan peningkatan kasus Hepatitis A, dengan penumpukan limbah padat menjadi “masalah kritis.”

Kepala operasi NRC di Gaza yang baru-baru ini meninggalkan Gaza, Suze van Meegen, mengatakan bahwa krisis kemanusiaan di Gaza semakin "berbahaya menjadi normal."

“Tidaklah normal bagi seluruh populasi untuk hidup dalam ketakutan konstan dan dengan kesedihan yang luar biasa. Tidaklah normal merasa keselamatan Anda lebih berisiko di sekolah atau rumah sakit daripada di tempat lain. Tidaklah normal bagi sebuah komunitas untuk menguburkan ratusan orang setiap minggu,” kata van Meegen.

Pejabat bantuan tersebut mengatakan bahwa kapasitas organisasi kemanusiaan untuk memberikan “bahkan bantuan yang paling sedikit sekalipun sekarang sepenuhnya berkurang.” (CNN/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat