visitaaponce.com

Pergerakan Kapal Selam Korea Utara Menunjukkan Persiapan Uji Coba Rudal

Pergerakan Kapal Selam Korea Utara Menunjukkan Persiapan Uji Coba Rudal
Ilustrasi - kapal selam Korea Utara(AFP-KCNA)

SEBUAH monitor AS, Kamis, melaporkan adanya pergerakan kapal selam rudal balistik Korea Utara baru-baru ini di sebuah galangan kapal di pantai timur negara tersebut, menyatakan hal itu mungkin menandakan dimulainya uji coba kapal selam musim panas ini atau persiapan untuk uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

Mengutip citra satelit terbaru, Beyond Parallel, sebuah proyek dari Center for Strategic and International Studies, merilis analisis mereka yang berlangsung berbulan-bulan tentang pergerakan kapal selam eksperimental Hero Kim Kun Ok dan tongkang uji coba misil yang tenggelam di galangan kapal di Sinpo.

Diluncurkan pada September, Hero Kim Kun Ok dikenal sebagai kapal selam rudal balistik sejati pertama negara tersebut.

Baca juga : Kapal selam bertenaga nuklir AS tiba di Korea Selatan

"Level aktivitas secara keseluruhan ini dapat menunjukkan dimulainya uji coba di laut untuk Hero Kim Kun Ok nanti musim panas ini, persiapan untuk melanjutkan pengujian penerbangan SLBM/SLCM, atau keduanya," monitor tersebut menyatakan dalam analisisnya. SLCM merupakan singkatan dari rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam.

"Ke depannya, level aktivitas dan kesuksesan yang dicapai oleh kapal-kapal ini akan sangat mempengaruhi pengembangan masa depan Korea Utara terhadap SSB, SLBM, SLCM, dan teknologi, desain, serta prosedur operasional kapal selam," tambahnya. SSB merupakan singkatan dari kapal selam rudal balistik.

Pergerakan kunci di galangan kapal melibatkan pemindahan Hero Kim Kun Ok dari bawah kanopi keamanan di kolam boat aman ke dok graving.

"Penjelasan paling mungkin untuk keberadaan Hero Kim Kun Ok di dok graving adalah bahwa ini adalah bagian dari konstruksi dan penyelesaian akhir kapal selam," kata mereka.

"Yang terakhir akan mencakup instalasi dan pengujian sistem seperti listrik, pemompaan, dan komunikasi, menunjukkan uji coba di laut yang akan datang dan dinyatakan operasional." (Yonhap/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat