visitaaponce.com

Unggul di Exit Pool, Keir Starmer jadi PM Baru Inggris, Putus Dominasi Partai Konservatif

Unggul di Exit Pool, Keir Starmer jadi PM Baru Inggris, Putus Dominasi Partai Konservatif
Ketua Partai Buruh Inggris Keir Starmer.(AFP)

KEIR Starmer diproyeksikan menjadi perdana menteri baru Inggris setelah Partai Buruh yang dipimpinnya diperkirakan akan memenangkan pemilu parlemen pada Jumat (5/7) dengan margin suara yang besar. Kemenangan Partai Buruh ini juga akan menandai kekalahan Partai Konservatif yang dipimpin oleh Perdana Menteri Rishi Sunak untuk pertama kalinya dalam 14 tahun.

Dikutip BBC, Jumat (5/7), Bedasarkan jajak pendapaat (Exit Pool), Partai Buruh diprediksi meraup sekitar 410 kursi, sementara Partai Konservatif hanya mendapa 131 kursi. Partai Demokrat Liberal diproyeksikan berada di posisi ketiga dengan 61 anggota parlemen.

Jajak pendapat exit poll, yang diawasi oleh Sir John Curtice dan tim ahli statistik, didasarkan pada data dari pemilih di sekitar 130 tempat pemungutan suara di Inggris, Skotlandia, dan Wales. Jajak pendapat ini tidak mencakup Irlandia Utara.

Baca juga : Sadiq Khan Terpilih Kembali Sebagai Wali Kota London

Pada lima pemilihan umum terakhir, jajak pendapat keluar selalu akurat dalam kisaran 1,5 dan 7,5 kursi.

Jika jajak pendapat keluar itu benar, ini akan menjadi perubahan haluan bagi Partai Buruh, yang memperoleh hasil pemilu terburuknya pada tahun 2019,. Ketika itu, Partai Konservatif di bawah Boris Johnson memenangkan mayoritas 80 kursi.

Hasil sebenarnya baru akan terlihat pada Jumat (5/7/2024) pagi waktu setempat ketika sebagian besar hasil pemilu mulai dilaporkan.

Rachel Reeves dari Partai Buruh, yang akan menjadi kanselir perempuan pertama dalam beberapa jam mendatang mengatakan dia tidak ingin mendahului hasil. "Jelas bahwa rakyat Inggris telah memilih perubahan dan masa depan yang lebih cerah di bawah Sir Keir Starmer," kata dia. 

Pemimpin Partai Demokrat Liberal, Sir Ed Davey, mengatakan: "Tampaknya ini akan menjadi hasil terbaik kami dalam satu generasi." (BBC/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat