visitaaponce.com

Sadiq Khan Terpilih Kembali Sebagai Wali Kota London

Sadiq Khan Terpilih Kembali Sebagai Wali Kota London
Wali Kota London Sadiq Khan(AFP/JUSTIN TALLIS)

SADIQ Khan kembali terpilih sebagai wali kota London untuk masa jabatan ketiga, Sabtu (4/5) waktu setempat, ketika Partai Konservatif menderita kekalahan terburuk mereka dalam pemilu lokal, beberapa bulan menjelang pemilu nasional.

Khan, 53, menang telak atas wakil Partai Konservatif Susan Hall ketika the Tory berusaha merebut ibu kota Inggris itu dari Partai Buruh untuk kali pertama sejak 206.

Wali Kota muslim pertama di ibu kota negara Barat ketika pertama kali terpilih, Khan memang diramalkan akan meraih kemenangan saat suara Partai Buruh melonjak di beberapa jajak pendapat terakhir.

Baca juga : Masyarakat Indonesia Rayakan Lebaran di London Bersama Dewi Gita dan Armand Maulana

Dalam pemilu lokal di London, Khan meraih kemenangan dengan margin yang lebih besar ketimbang pemilu sebelumnya pada 2021.

"Adalah sebuah kehormatan bisa terpilih kembali untuk ketiga kalinya," ujar Khan di hadapan para pendukungnya.

"Kami menjalankan kampanye yang sesuai dengan semangat dan nilai kota ini, kota yang memandang perbedaan tidak sebagai kelemahan namun sebagai kekuatan besar. Kami berbeda dengan kelompok sayap kanan populis yang menjual ketakutan," lanjutnya.

Kekalahan di London itu merupakan pukulan bagi Perdana Menteri Rishi Sunak saat the Tories finis ketiga di pemilu lokal setelah kehilangan hampir 500 kursi di Inggris dalam pemilu pada Kamis (2/5).

Saat Partai Buruh meraih banyak dukungan, Partai Konservatif kalah dalam pemilu lokal di Manchester, Liverpool, dan Yorkshire. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat