visitaaponce.com

Pemkot Bandung Sambut Baik Dibukanya Pintu Tol KM 149 Padaleunyi

Pemkot Bandung Sambut Baik Dibukanya Pintu Tol KM 149 Padaleunyi
Pemerintah Kota Bandung menyambut positif rencana pembukaan kembali Exit Tol KM 149 di Jalan Tol Padaleunyi pada 17 Agustus 2024.(Antara)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung Jawa Barat (Jabar), menyambut baik rencana dibukanya kembali Exit Tol KM 149 Jalan Tol Padaleunyi, yang  berada di wilayah Gedebage, Kota Bandung. Rencananya Exit Tol Padaleunyi  dibuka saat momen liburan HUT RI ke-79, pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Setelah ditutup sejak 1 Januari 2024, Exit Tol KM 149 Jalan Tol Padaleunyi akan dibuka lagi. Dengan adanya kepastian ini, tentu kami menyambut gembira.  pintu tol tersebut menjadi salah satu akses menuju Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dan juga Stasiun Whoosh Tegalluar," kata Penjabat  Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, Sabtu (18/5).

Bambang memastikan perbaikan struktur jalan pada flyover menuju Exit Tol KM 149 Padaleunyi sudah hampir selesai.  Pintu tol yang sudah dinantikan kembali dioperasikan, guna mengurai kemacetan di kawasan Gedebage, dapat segera dilakukan sebelum libur nasional 17 Agustus 2024, yang bertepatan dengan periode weekend yakni Sabtu.

Baca juga :  Muhammad Farhan Serahkan Formulir Bakal Calon Wali Kota Bandung ke NasDem

"Pemkot sangat berharap sebelum tanggal 17 Agustus 2024 pintu tol Gedebage sudah bisa difungsikan. Karena pengoperasian kembali pintu tol itu, telah ditunggu sejumlah pihak lantaran akses jalur tersebut dapat mengurai kemacetan di kawasan Gedebage," ungkapnya.

Menurut Bambang saat ini Kawasan Gedebage, memiliki beberapa destinasi menarik yang banyak dikunjungi masyarakat, baik warga kota Bandung dan juga luar Bandung. Destinasi tersebut seperti Masjid Raya Al Jabbar, Summarecon Mall Bandung, hingga Stasiun Kereta Cepat Tegalluar. Melihat perkembangan ini, keberadaan pintu tol tersebut sangat dibutuhkan, untuk mengatasi kemacetan.

"Khususnya dalam membantu pengembangan kawasan Gedebage, yang potensial menjadi pusat perekonomian baru di Kota Bandung, karena ini sejalan dengan rencana besar Pemkot Bandung, mengembangkan kawasan Gedebage sehingga diperlukan akses jalan yang baik dan memadai," lanjutnya.

Sebelumnya, Senior General Manager Jasa Marga Widyatmiko Nursejati mengatakan demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan, sejak 1 Januari 2024 dilakukan penutupan akses keluar masuk KM 149, sebab ditemukan kerusakan pada struktur jalan. Penutupan akses pintu tol tersebut berdasarkan arahan Kementerian PUPR melalui instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada surat Nomor BM.07.02-P/905 tanggal 29 Desember 2023.

"Selama dilakukannya investigasi lanjutan oleh Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan pengamanan dengan memindahkan seluruh peralatan tol yang berada di lokasi sampai dengan informasi lebih lanjut," ujar Widyatmiko. (Z-3

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat