visitaaponce.com

Kiat Memilih Cat Dinding agar Rumah Nyaman buat si Kecil

Kiat Memilih Cat Dinding agar Rumah Nyaman buat si Kecil
ilustrasi inspirasi warna cat.(Freepik)

BUNDA, si kecil sedang aktif-aktifnya mengeksplorasi lingkungan sekitar? Senang ya, melihat mereka bermain dan lari ke sana kemari. Untuk memaksimalkan periode tumbuh kembang ini, orang tua perlu memberi dukungan, termasuk mengupayakan agar rumah nyaman dan aman buat si kecil bereksplorasi. Dalam hal ini, pemilihan cat dinding punya peran penting. Sebab, dinding merupakan salah satu bagian utama bangunan rumah.

Ketika dinding dilapisi dengan cat yang warnanya pas, rumah menjadi lebih menyenangkan untuk semua keluarga. Tentu saja, dalam memilih cat dinding, bukan hanya pilihan warna yang perlu dipertimbangkan. Ada sejumlah faktor lain yang juga perlu diperhatikan, terlebih ketika tujuannya untuk membuat si kecil nyaman dan aman. Apa saja pertimbangannya? Mari simak kiat berikut yang dirangkum dari talkshow bersama mom-fluencer Arumi Bachsin dan Head of Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Niluh Putu Ayu Setiawati, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Perhatikan Pilihan Warna

Baca juga : Selain Estetika, Aroma Ruangan Berperan sebagai Pemikat

Seperti yang disebutkan di awal, warna menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih cat dinding. Pilihan warna turut menentukan suasana ruangan. Sebagai contoh, warna terang membuat ruangan terasa lebih lapang. Sebaliknya, warna gelap membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Untuk ruangan yang sering dipakai anak beraktivitas, misal ruang keluarga, warna terang seperti krem, kuning, dan oranye bisa dipilih untuk menambahkan sentuhan keceriaan. Tentu, tidak semua dinding dalam satu ruangan harus dicat dengan warna terang, Bunda bisa menyeimbangkannya dengan warna yang lebih kalem seperti abu-abu di beberapa sisi dinding.

Langkah paling mudah memilih warna ialah dengan melihat daftar di katalog yang biasanya disediakan oleh produsen cat. Nah, masalahnya, kadang ketika kita sudah menentukan warna pilihan yang cocok, ternyata warna tersebut tidak tersedia di toko yang kita datangi. Jangan khawatir Bun, hal ini bisa diatasi.

Baca juga : Katalog Terbaru Dekoruma Hadirkan Inspirasi Dekorasi Furniture Warnai Momen AKhir Tahun

“Coba datang ke toko bahan bangunan besar, tunjukkan warna yang diinginkan, nanti petugas akan membuatnya dengan mesin pencampur warna. Memang sistemnya seperti itu, untuk menghemat ruangan toko. Sebagai contoh, di katalog kami ada ribuan warna cat dinding, kan tidak mungkin toko menyimpan semua stok wara. Jadi, untuk warna-warna tertentu bisa didapat dengan bantuan mesin pencampur warna yang menjadi bagian dari layanan toko,” terang Niluh.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

Anak-anak senang corat-coret. Meski Bunda sudah menyediakan papan atau kertas khusus untuk menyalurkan kegemaran si kecil itu, kadang mereka nekad ‘berkarya’ di dinding. Jika dibiarkan, lama kelamaan coretan makin banyak sehingga dinding menjadi kurang nyaman dilihat. Untuk mengatasinya, Bunda bisa pilih cat yang memungkinkan dinding mudah dibersihkan.

Baca juga : Dengan Pencahayaan Tepat, Ruang Kecil Terkesan Luas

“Sekarang teknologi pembuatan cat sudah maju. Produk-produk yang dihasilkan makin beragam, termasuk cat yang ketika kena noda bisa dibersihkan dengan mudah. Ini menjawab kebutuhan ibu-ibu yang anaknya masih kecil-kecil, suka corat-coret dinding dan kadang mengusap tangan kotor ke dinding. Cat seperti ini juga cocok untuk di dapur, jadi ketika dinding kena cipratan masakan, lebih mudah dibersihkan. Yang menyenangkan, meskipun teknologinya canggih, cat seperti ini harganya tetap terjangkau,” tutur Arumi Bachsin mengisahkan pengalamannya sebagai ibu tiga anak.

Lebih Sehat dengan Antibakteri

Daya tahan tubuh anak-anak belum sekuat orang dewasa. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan menjadi penting untuk menghindarkan mereka dari kuman berbahaya. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih cat yang mengandung formula antibakteri, antijamur, dan antilumut.

Baca juga : Tips Memilih Karpet Agar Ruangan Terlihat Luas

“Untuk menjaga lingkungan rumah tetap sehat, para ibu bisa memilih cat dinding dengan manfaat tambahan formula anti bakteri, anti jamur, dan anti lumut,” saran Niluh.

Tak hanya itu, lanjutnya, penting juga untuk memastikan cat bebas dari kandungan volatile organic compound yang dapat menimbulkan gas berbahaya bila terhirup dalam pernapasan.

Nah, Bunda, itulah sejumlah pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih cat dinding rumah. Untuk membantu para orang tua dalam menciptakan hunian yang indah, nyaman, dan sehat bagi keluarga, AkzoNobel meluncurkan kampanye #IndonesiaPakaiCatylac. “Melalui kampanye ini kami mengajak para orang tua untuk memilih cat yang sesuai dengan kebutuhan menjaga rumah tetap nyaman dan sehat. Kampanye ini sekaligus untuk menyambut Hari Keluarga Internasional yang diperingati tiap 15 Mei,” pungkas Niluh. (B-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Haufan Salengke

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat